Find Us On Social Media :

Peristiwa Hukum Panji Gumilang: Pendiri Sebut Ponpes Al-Zaytun Merupakan Program Nasional NII KW 9

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 6 Juli 2023 | 14:17 WIB

Pendiri Pondok Pesantrean Al-Zaytun, Imam Supriyanto, menyebut lembaga pendidikan yang dia dirikan adalah program NII KW 9. Panji Gumilang adalah imamnya.

Pendiri Pondok Pesantrean Al-Zaytun, Imam Supriyanto, menyebut lembaga pendidikan yang dia dirikan adalah program NII KW 9. Panji Gumilang adalah imamnya.

Intisari-Online.com - Peristiwa hukum yang menyeret Ponpes Al-Zaytun berikut pemimpinnya, Panji Gumilang, terus menjadi bahan perbincangan hingga sekarang.

Salah satu pendirinya, Imam Supriyanto, buka-bukaan soal lembaga pendidikan pesantren yang ada di Indramayu, Jawa Barat, itu.

Pondok Pesantrean Al-Zaytun didirikan pada 1994.

Pondok pesantren yang punya bangunan sangat megah ini, menurut Imam, didirikan sebagai salah satu program dari Negara Islam Indonesia (NII) Komandemen Wilayah (KW) 9.

"Sebetulnya, Al Zaytun didirikan itu adalah sebagai salah satu program dari NII KW 9," kata Imam, Rabu (5/7).

"NII itu apa? NII itu Negara Islam Indonesia Komandemen Wilayah 9."

Imam menjelaskan, keberadaan NII di Indonesia sejak zaman Kartosuwiryo, kemudian berlanjut ke Kahar Muzakar, lalu dilanjutkan oleh Agus Abdullah, Abu Daud dan Adah Jaelani.

Saat masa kepemimpinan Adah Jaelani itulah, NII yang tadinya hanya memiliki 7 wilayah komandemen, bertambah menjadi 9 wilayah komandemen.

"Wilayah komandemen 9 itu meliputi, Bekasi, Jakarta, Tangerang, Banten pada waktu itu," tutur Imam.

Bisa dibilang, Jakarta adalah tulang punggung NII.

Jakarta punya misi merekrut sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berbasis akademis hingga jenjang pendidikan S1, S2 dan S3.