Find Us On Social Media :

Penjelasan Makna dari Negara Merdeka Menurut Pandangan Siswa SMA

By Ade S, Rabu, 5 Juli 2023 | 08:03 WIB

Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan membahas penjelasan makna dari negara merdeka menurut pandangan sendiri dari beberapa siswa SMA di Indonesia.

Intisari-Online.com - Negara merdeka adalah sebuah istilah yang sering kita dengar dalam sejarah dan kehidupan sehari-hari.

Namun, apa sebenarnya makna dari negara merdeka itu? Apakah hanya berarti tidak ada penjajahan atau intervensi dari negara lain? Atau ada makna lain yang lebih dalam dan luas?

Dalam artikel ini, kita akan membahas penjelasan makna dari negara merdeka menurut pandangan sendiri dari beberapa siswa SMA di Indonesia.

Mereka adalah generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa dan memiliki tanggung jawab untuk menjaga kemerdekaan negara.

Apa saja pandangan mereka tentang negara merdeka? Bagaimana mereka menghargai dan memaknai kemerdekaan yang telah diraih oleh para pahlawan?

Mari kita simak bersama ulasan mereka di bawah ini.

Siswa 1: Negara Merdeka adalah Negara yang Berdaulat

Bagi siswa 1, negara merdeka adalah negara yang berdaulat, yaitu memiliki kedaulatan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan.

Menurutnya, negara merdeka harus mampu menentukan nasibnya sendiri tanpa campur tangan atau tekanan dari negara lain.

Negara merdeka juga harus mampu memenuhi kebutuhan rakyatnya secara mandiri dan adil.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Wilayah Negara? Ini Penjelasannya