Find Us On Social Media :

Mengapa Bung Hatta Dimasukkan Sebagai Salah Satu Penggerak Dalam Sejarah Indonesia?

By Afif Khoirul M, Jumat, 30 Juni 2023 | 14:15 WIB

Sosok Bung Hatta disebut sebagai penggerak sejarah Indonesia.

Intisari-online.com - Dalam soal IPS kelas X halaman 26, memuat soal berjudul "

Jawaban:

Bung Hatta dimasukkan sebagai salah satu penggerak dalam sejarah Indonesia karena jasa-jasanya dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia sangat besar.

Bung Hatta adalah salah satu kaum intelektual yang berjuang memerdekakan Indonesia tidak lewat peperangan namun lewat politik.

Bung Hatta adalah wakil presiden pertama Indonesia dan bersama dengan Bung Karno, beliau memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Bung Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi, Bapak Kedaulatan Rakyat, Bapak Perumahan Nasional, dan Bapak Hak Asasi Manusia.

Bung Hatta memiliki koleksi buku yang sangat banyak dan luas, mulai dari ilmu ekonomi, hukum, tata negara, administrasi negara, filsafat, agama, politik, sejarah, sosiologi, antropologi, dan sastra.

Bung Hatta juga memiliki pemikiran yang visioner dan kritis tentang berbagai isu nasional dan internasional.

Beliau menulis banyak buku dan artikel yang membahas tentang ekonomi kerakyatan, demokrasi pancasila, nasionalisme, anti-imperialisme, anti-kolonialisme, dan lain-lain.

Bung Hatta juga aktif dalam berbagai organisasi pergerakan nasional seperti Perhimpunan Indonesia (PI), Jong Sumatranen Bond (JSB), Partai Nasional Indonesia (PNI), Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), dan lain-lain.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Bung Hatta adalah salah satu penggerak dalam sejarah Indonesia yang memiliki peran penting dalam kemerdekaan dan pembangunan bangsa.