Find Us On Social Media :

Jenderal Soedirman, Sosok Panglima TNI Pertama dan Diberi Gelar Jenderal Besar pada 27 Juni 1947

By Afif Khoirul M, Selasa, 27 Juni 2023 | 16:20 WIB

Inilah patung Jenderal Soedirman.

Intisari-online.com - Jenderal Besar TNI (Anumerta) Raden Soedirman adalah pahlawan nasional Indonesia yang memiliki peran besar dalam perjuangan kemerdekaan.

Ia adalah panglima besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) pertama yang ditunjuk oleh Presiden Soekarno pada 27 Juni 1947 di Yogyakarta.

Kemudian mendapat penghargaan sebagai Jenderal Besar, gelar tertinggi di TNI, yang hanya dianugerahkan kepada empat orang dalam sejarah Indonesia.

Jenderal Soedirman terlahir pada 24 Januari 1916 di Purbalingga, Hindia Belanda (sekarang Indonesia).

Ia berasal dari keluarga biasa yang beragama Islam. Ayahnya bernama Karsid Kartowirjo, seorang petani, dan ibunya bernama Siyem, seorang penjual kue.

Ketika ia berusia enam bulan, ia diadopsi oleh pamannya yang bernama Raden Cokrosunaryo, seorang priyayi atau bangsawan rendahan.

Sejak kecil, Jenderal Soedirman menampakkan bakat dan minat dalam bidang pendidikan dan kepemimpinan.

Ia belajar di sekolah-sekolah Muhammadiyah, sebuah organisasi Islam modernis yang mengajarkan nilai-nilai keagamaan dan kemasyarakatan. 

Juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler, seperti pramuka, olahraga, dan kesenian. Ia dikenal sebagai siswa yang rajin, disiplin, dan berbakti kepada orang tua dan guru.

Setelah lulus dari sekolah menengah atas pada 1936, Jenderal Soedirman melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Surakarta (sekarang Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Namun, ia tidak menyelesaikan kuliahnya karena terpaksa berhenti akibat kondisi ekonomi keluarganya yang sulit.

Baca Juga: 3 Contoh Surat Penghasilan Orang Tua untuk Daftar Kuliah, untuk Sosok Pemilik Pekerjaan Tetap, Informal, dan Campuran