Find Us On Social Media :

Picu Peristiwa Ayah Viralkan Anak Sendiri, Apa Itu Roleplay di TikTok?

By Ade S, Rabu, 21 Juni 2023 | 06:07 WIB

Ilustrasi. Sebenarnya apa itu roleplay dan mengapa permainan ini bisa menimbulkan kontroversi? Benarkah sangat berbahaya?

Intisari-Online.com - Belakangan ini, media sosial dihebohkan dengan video viral yang menunjukkan seorang ayah marah-marah pada anak perempuannya yang sedang bermain roleplay di TikTok.

Dalam video tersebut, sang ayah tampak kesal karena anaknya berperan sebagai wanita dewasa yang telah memiliki anak dan menganggap permainan itu tidak pantas dan meminta anaknya untuk berhenti.

Lalu, sebenarnya apa itu roleplay dan mengapa permainan ini bisa menimbulkan kontroversi?

Apa Itu Roleplay?

Roleplay adalah permainan yang dilakukan secara virtual dengan menirukan idola atau sosok tertentu dalam segi sikap, cara bicara, hingga detail aktivitas keseharian.

Pemain roleplay harus bisa berperan secara virtual melalui teks atau video tanpa mengungkap jati diri mereka yang sebenarnya.

Permainan ini sebenarnya tidak berbeda dengan bermain peran ketika kecil. Bedanya, anak remaja kini memainkan roleplay lewat aplikasi di dalam gawai mereka. Tema yang dimainkan pun kian beragam.

Di TikTok sendiri, roleplay dapat berarti mengambil peran karakter fiksi, selebriti, atau tokoh sehari-hari.

Pengguna TikTok yang terlibat dalam permainan ini biasanya menciptakan konten yang mencerminkan karakter yang diperankan, termasuk dialog, tindakan, dan penampilan yang sesuai.

Mereka yang memainkan roleplay di sosial media disebut roleplayer yang artinya pemain roleplay.

Mereka biasanya memiliki komunitas roleplay sendiri dan berinteraksi satu sama lain dengan berpura-pura menjadi karakter orang lain yang dikehendaki.

Baca Juga: Jokowi Akhirnya Lintasi Jalan Rusak Di Lampung Yang Viral, Mobil Kepresidenan Pun Melaju Pelan