Find Us On Social Media :

Dijamin Tak Mudah Busuk, Ini Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Awet Sejak Peristiwa Idul Adha

By Ade S, Senin, 19 Juni 2023 | 09:03 WIB

Ilustrasi menyimpan daging. Berikut ini penjelasan lengkap tentang cara menyimpan daging kurban di kulkas agar awet dan tidak mudah busuk.

Intisari-Online.com - Selain sebagai bentuk pengorbanan dan ketaatan kepada Allah SWT, Idul Adha juga identik dengan daging kurban yang dibagikan kepada masyarakat.

Namun, terkadang kita mendapatkan jatah daging kurban yang cukup banyak dan tidak bisa langsung dihabiskan dalam sehari.

Lalu, bagaimana cara menyimpan daging kurban di kulkas agar awet dan tidak mudah busuk?

Daging kurban yang disimpan di kulkas harus diperhatikan beberapa hal agar tetap segar dan tidak berbau.

Jika tidak disimpan dengan benar, daging kurban bisa menjadi sumber bakteri dan penyakit. Berikut adalah beberapa cara untuk menyimpan daging kurban di kulkas agar awet:

1) Jangan cuci daging sebelum disimpan ke kulkas

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang adalah mencuci daging sebelum disimpan ke kulkas. Padahal, proses pencucian akan menyebabkan bau tidak sedap di dalam daging akan semakin kuat.

Selain itu, air yang meresap ke dalam serat-serat daging akan membuat daging menjadi rusak, sehingga kualitasnya menurun.

2) Potong daging sesuai takaran konsumsi keluarga

Sebelum memasukkannya ke dalam kulkas, daging perlu dipotong-potong terlebih dahulu sesuai ukuran konsumsi keluargamu dalam satu hari.

Hal ini bertujuan agar lebih mudah untuk mencairkan daging yang beku dan mempermudahmu saat akan mengolah daging untuk dimasak.

Baca Juga: Kenapa Sapi Menangis saat Mau Kurban? Ini Penjelasan dari Peristiwa Langka Tersebut