Find Us On Social Media :

Gandeng Komnas Perempuan, KPU Siap Jadikan Pemilu 2024 Sebagai Pemilu Yang Ramah Perempuan Dan Inklusif

By Moh. Habib Asyhad, Minggu, 4 Juni 2023 | 13:04 WIB

Menggandeng Komnas Perempuan, KPU berkomitmen untuk menghadirkan pemilu, dalam hal ini Pemilu 2024, yang ramah perempuan dan inklusif.

Menggandeng Komnas Perempuan, KPU berkomitmen untuk menghadirkan pemilu, dalam hal ini Pemilu 2024, yang ramah perempuan dan inklusif.

Intisari-Online.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) punya komitmen untuk menjadi Pemilu 2024 sebagai pemilu yang ramah perempuan dan bersifat inklusif.

Komitmen itu terlontar saat KPU menerima audiensi dari Komisi Nasional Anti-Kekerasan Terhadapa Perempuan Komnas Perempuan di kantor KPU pada Rabu (31/5) tempo hari.

Dalam audiensi itu dua pihak membahas pemilu berperspektif gender dan kampanye Jeli, Inisiatif, Toleransi, dan Ukur (JITU).

Kampanye Jitu adalah kampanye pemilihan umum yang cerdas dan bersih yang digalang oleh Komnas Perempua.

Anggota KPU Idham Holik menegaskan bahwa pihaknya akan mewujudkan pemilu yang inklusif, seperti dikutip dari laman resmi KPU.

Dia juga mengatakan bahwa dalam beberapa pertemuan KPU selalu mengingatkan kepada para calon anggota legislatif juga partai politik agar punya program Women and Empowerment.

Program ini, tambah Idham, berkaitan dengan pemberdayaan perempuan yang nantinya menjadi orientasi dalam pengambilan kebijakan.

Dalam pemungutan suara nanti, KPU juga akan memprioritaskan ibu-ibu menyusui juga wanita lansia dengan pelayanan khusus.

Sehingga mereka tak kerepotan dan tak perlu lama-lama di di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sementara itu, Wakil Ketua Kompas Perempuan Olivia Chadidjah menegaskan bahwa tujuan audiensi adalah untuk memajukan hak-hak perempuan dalam pemilu.

"Kepentingan kami bisa bersama-sama dengan KPU dan negara menghadirkan pemilu ramah perempuan dan inklusif," jelas Olivia.