Find Us On Social Media :

Keuntungan Indonesia Menjadi Anggota Organisasi Kerja sama Ekonomi

By Ade S, Rabu, 24 Mei 2023 | 06:03 WIB

Ilustrasi perdagangan internasional. Berikut ini penjelasan tentang keuntungan apa yang diperoleh Indonesia dengan menjadi anggota organisasi kerja sama ekonomi antarnegara.

Intisari-Online.com - Indonesia adalah salah satu negara yang berperan aktif dalam kerja sama ekonomi antarnegara.

Indonesia diketahui mempelopori dan menjadi anggota dalam berbagai organisasi kerja sama ekonomi, seperti ASEAN, APEC, OPEC, dan PBB.

Lalu, keuntungan apa yang diperoleh Indonesia dengan menjadi anggota organisasi kerja sama tersebut?

Artikel ini akan menjelaskan beberapa keuntungan yang didapatkan Indonesia dari kerja sama ekonomi antarnegara.

Artikel ini juga akan menjelaskan bagaimana peran serta Indonesia dalam perdagangan antarbangsa dan alasan-alasan Indonesia bergabung sebagai anggota organisasi kerja sama ekonomi antarnegara.

Bagaimana Peran Serta Indonesia dalam Perdagangan Antarbangsa?

Indonesia merupakan negara yang terbuka terhadap perdagangan antarbangsa. Indonesia melakukan ekspor dan impor barang dan jasa dengan berbagai negara di dunia.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor Indonesia pada tahun 2020 mencapai 163,31 miliar dolar AS, sedangkan nilai impornya mencapai 142,63 miliar dolar AS.

Dengan demikian, Indonesia mengalami surplus perdagangan sebesar 20,68 miliar dolar AS. Indonesia juga berpartisipasi dalam berbagai perjanjian perdagangan bebas (free trade agreement/FTA) dengan negara-negara mitra dagangnya.

FTA adalah perjanjian yang bertujuan untuk menghapus atau mengurangi hambatan perdagangan, seperti tarif bea masuk, kuota impor, subsidi ekspor, dan lain-lain. Dengan adanya FTA, perdagangan antarbangsa menjadi lebih lancar dan efisien.

Salah satu FTA yang melibatkan Indonesia adalah ASEAN Free Trade Area (AFTA).

Baca Juga: Bagaimana Peran Serta Indonesia dalam Perdagangan Antarbangsa?