Find Us On Social Media :

Mengapa Ekonomi Orde Baru Mengalami Kemunduran pada Akhir Periode?

By Ade S, Rabu, 10 Mei 2023 | 09:03 WIB

Soeharto membacakan pernyataan pengunduran dirinya sebagai presiden Indonesia pada 21 Mei 1998 yang sekaligus menandai berakhirnya pemerintahan Orde Baru. Mengapa ekonomi Orde Baru mengalami kemunduran pada akhir periode? Berikut ini penjelasan lengkap yang bisa Anda kutip.

Intisari-Online.com - Selama masa Orde Baru, Indonesia mengalami berbagai perubahan dan perkembangan di bidang ekonomi yang cukup mengesankan.

Namun, di balik prestasi-prestasi tersebut, terdapat juga berbagai masalah dan tantangan yang mengancam stabilitas dan kesejahteraan ekonomi nasional.

Salah satu pertanyaan yang muncul adalah: mengapa ekonomi Orde Baru mengalami kemunduran pada akhir periode?

Artikel ini akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut dengan mengulas tiga subtopik berikut: program apa saja yang menjadi unggulan pembangunan ekonomi pemerintah masa Orde Baru, faktor apa yang menjadi penyebab keberhasilan kebijakan ekonomi pada masa Orde Baru, dan mengapa ekonomi Orde Baru mengalami kemunduran pada akhir periode.

Program apa saja yang menjadi unggulan pembangunan ekonomi pemerintah masa Orde Baru?

Pada awal masa Orde Baru, pemerintah menghadapi berbagai masalah ekonomi yang cukup sulit, seperti hiperinflasi, utang luar negeri, melonjaknya harga kebutuhan pokok, kerusakan sarana dan prasarana, dan rendahnya pendapatan per kapita penduduk Indonesia.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, pemerintah menetapkan kebijakan ekonomi jangka pendek dan jangka panjang. Kebijakan ekonomi jangka pendek meliputi:

- Stabilitas moneter dan fiskal dengan menekan inflasi, menyusun APBN berimbang, dan melakukan pinjaman luar negeri.

- Rehabilitasi infrastruktur dan produksi dengan memperbaiki jalan, jembatan, irigasi, listrik, telekomunikasi, dan meningkatkan produksi pertanian dan industri.

- Pengamanan kebutuhan pokok rakyat dengan menjamin ketersediaan dan harga beras, gula, minyak tanah, garam, dan obat-obatan.

Baca Juga: Program Unggulan Pembangunan Ekonomi Pemerintah Masa Orde Baru