Find Us On Social Media :

Apa Arti Kedaulatan Bagi NKRI?

By Afif Khoirul M, Sabtu, 6 Mei 2023 | 18:17 WIB

Ilustrasi - Peta wilayah NKRI.

Intisari-online.com - Dalam soal PKN kelas X halaman 180, memuat soal berjudul "apa arti kedaulatan bagi NKRI?"

Nah, kali ini Intisari Online akan membantu memberikan jawaban dari soal tersebut.

Kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi untuk menentukan hukum dalam suatu negara dan melaksanakannya dengan segala cara yang tersedia.

Jawaban: 

Kedaulatan bagi NKRI berarti bahwa Indonesia memiliki kekuasaan untuk mengatur dan menyelenggarakan pemerintahan sendiri menurut kehendak rakyatnya tanpa campur tangan negara lain.

Kedaulatan NKRI juga berarti bahwa Indonesia memiliki kekuasaan untuk berhubungan dan bekerja sama dengan negara lain untuk kepentingan bangsa dan negara.

Kedaulatan NKRI meliputi wilayah daratan, wilayah perairan, dasar laut, dan juga tanah di bawahnya serta ruang udara yang ada di atasnya, termasuk juga seluruh sumber kekayaan yang terkandung di dalamnya.

Kedaulatan NKRI juga mencakup hak dan kewajiban rakyat sebagai pemegang kedaulatan yang dilaksanakan menurut UUD 1945.

Kedaulatan NKRI juga mengandung prinsip-prinsip seperti negara kesatuan yang berbentuk republik, negara hukum, presiden sebagai kepala negara dan pemerintahan, MPR sebagai lembaga tertinggi negara, dan demokrasi sebagai sistem pemerintahan.

Kedaulatan NKRI merupakan hasil dari perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan dari penjajahan bangsa asing.

Kedaulatan NKRI juga merupakan amanah dari para pendiri bangsa yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

Kedaulatan NKRI juga merupakan tanggung jawab bersama seluruh komponen bangsa untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan, kemerdekaan, dan keutuhan negara.