Find Us On Social Media :

Faktor Penyebab Keberhasilan Kebijakan Ekonomi pada Masa Orde Baru

By Ade S, Jumat, 5 Mei 2023 | 06:03 WIB

Pedjabat Presiden Djenderal Soeharto untuk pertama kalinya setelah dilantik. Berikut ini ulasan tentang faktor yang menjadi penyebab keberhasilan kebijakan ekonomi pada masa Orde Baru.

Intisari-Online.com - Orde Baru adalah periode pemerintahan Indonesia yang berlangsung dari tahun 1966 hingga 1998 di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto.

Pada masa ini, Indonesia mengalami pembangunan ekonomi yang pesat dan mencapai pertumbuhan rata-rata sekitar 7 persen per tahun.

Artikel ini akan membahas faktor-faktor yang menjadi penyebab keberhasilan kebijakan ekonomi pada masa Orde Baru, serta mengapa ekonomi Orde Baru mengalami kemunduran pada akhir periode.

Program apa saja yang menjadi unggulan pembangunan ekonomi pemerintah masa Orde Baru?

Pemerintah Orde Baru memiliki beberapa program unggulan untuk memajukan pembangunan ekonomi, antara lain:

- Trilogi Pembangunan dan Delapan Jalur Pemerataan Pembangunan

Trilogi Pembangunan adalah konsep yang mengandung tiga tujuan utama, yaitu stabilitas nasional yang dinamis, pertumbuhan ekonomi yang tinggi, dan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.

- Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita)

Repelita adalah program perencanaan pembangunan jangka menengah yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pembangunan di berbagai sektor seperti pertanian, industri, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertahanan dan keamanan.

- Program-program khusus

Selain Repelita, pemerintah Orde Baru juga meluncurkan program-program khusus untuk menyelesaikan masalah-masalah tertentu dalam pembangunan ekonomi. Beberapa contoh program khusus adalah: