Find Us On Social Media :

'Godfather dari Tanah Jawara', Inilah Chasan Sochib, Sosok yang Sukses Dirikan Dinasti Politik di Banten

By Ade S, Kamis, 4 Mei 2023 | 12:13 WIB

Ratu Atut, Tubagus Chasan Sochib, dan Tubagus Chaeri Wardana

Intisari-Online.com - Banten adalah salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal dengan fenomena politik dinasti.

Hampir semua jabatan strategis di pemerintahan daerah diisi oleh keluarga dari satu trah yang sama.

Mereka adalah keturunan dari Tubagus Chasan Sochib, seorang pengusaha dan politisi yang mendirikan dinasti politik di Banten.

Siapa sebenarnya sosok Chasan Sochib dan bagaimana ia bisa membangun kekuasaan politik yang meluas hingga ke generasi berikutnya?

Artikel ini akan mengulas riwayat hidup dan peran Chasan Sochib sebagai “Godfather dari Tanah Jawara” yang sukses dirikan dinasti politik di Banten.

Riwayat Hidup Tubagus Chasan Sochib

Tubagus Chasan Sochib (1930-2011) adalah seorang pengusaha dan politisi asal Banten yang dikenal sebagai pendiri dinasti politik di provinsi tersebut.

Dia sohor sebagai tokoh jawara atau pendekar Banten, yang memimpin kelompok jawara yang dikenal sebagai Kelompok Rawu.

Sosok Chasan Sochib dikenal memiliki banyak julukan, seperti Haji Hasan (sebagai penghargaan atas gelarnya), Abah (sebagai bentuk hormat kepada orang tua), Haji Kacong/Acong (sebagai ejekan atas perilakunya yang tidak sesuai dengan gelar haji-nya), Rau (sebagai nama tempat tinggalnya di kompleks Pasar Rau), Godfather (sebagai sindiran atas kekuasaannya yang diduga melalui kekerasan) dan Gubenur Jendral (sebagai tuduhan atas campur tangannya dalam pemerintahan Provinsi Banten, Atut hanya sebagai boneka).

Ia memiliki enam istri dan sekitar 20 anak, dengan beberapa di antaranya menempati posisi penting di pemerintahan daerah.

Baca Juga: Sultan Haji, Sosok Pengkhianat yang Jadi Kunci Kehancuran Kesultanan Banten, Kudeta Ayahnya Sendiri