Find Us On Social Media :

Justru Orang Belanda yang Suarakan Nasib Buruh Indonesia, Inilah Sosok Adolf Baars Pencetus Hari Buruh Nasional

By Afif Khoirul M, Senin, 1 Mei 2023 | 17:05 WIB

Ilustrasi - Adolf Baars, sosok orang Belanda pencetuh hari buruh Nasional.

Intisari-online.com - Adolf Baars adalah seorang sosialis dari Belanda yang berperan besar dalam sejarah gerakan buruh di Indonesia pada abad ke-20.

Ia adalah salah satu penggagas peringatan Hari Buruh yang diadakan pertama kali di Indonesia pada 1 Mei 1918 oleh Serikat Buruh Kung Tang Hwee.

Adolf Baars terlahir di Amsterdam pada tahun 1884 dan bergabung dengan Partai Sosial Demokrat Belanda pada tahun 1903.

Ia kemudian menjadi wartawan dan aktivis sosial yang menulis tentang berbagai isu seperti kolonialisme, imperialisme, nasionalisme, dan kelas pekerja.

Pada tahun 1917, ia datang ke Indonesia (saat itu masih bernama Hindia Belanda) sebagai redaktur majalah De Indische Gids yang diterbitkan oleh pemerintah kolonial Belanda.

Di sini, ia mulai mengamati dan mengkritik kondisi buruh di Indonesia yang sangat buruk dan tidak adil.

Dalam salah satu tulisannya, ia mengungkapkan bahwa harga sewa tanah para buruh terlalu rendah untuk dijadikan perkebunan.

Ia juga menyampaikan bahwa upah buruh terlalu rendah dan tidak sesuai dengan biaya hidup yang meningkat.

Ia menyerukan agar buruh mendapatkan hak-hak dasar seperti jam kerja wajar, cuti tahunan, asuransi kesehatan, dan pendidikan gratis .

Tulisan-tulisan Adolf Baars mendapat sambutan positif dari para buruh dan organisasi-organisasi buruh yang ada di Indonesia.

Ia juga membantu mendirikan Serikat Buruh Kung Tang Hwee yang merupakan serikat buruh pertama di Indonesia yang beranggotakan buruh pribumi dan Tionghoa.

Baca Juga: Rp300.000 Per Bulan, BLT Buruh Rokok 2023 Di Kudus Cair Untuk 4 Bulan