Find Us On Social Media :

Pondoknya Kembali Disorot, Inilah Sosok Panji Gumilang, Pendiri Ponpes Al Zaytun, Pernah Dikaitkan Dengan NII

By Moh. Habib Asyhad, Minggu, 30 April 2023 | 12:17 WIB

Panji Gumilang dan pondok pesantren yang dia dirikan, Ponpes Al Zaytun, kerap dikaitkan dengan sesuatu yang berbau kontroversial.

Panji Gumilang dan pondok pesantren yang dia dirikan, Ponpes Al Zaytun, kerap dikaitkan dengan sesuatu yang berbau kontroversial.

Intisari-Online.com - Pondok Pesantren Al Zaytun kembali disorot.

Semua berawal dari beredarnya foto pelaksanakaan salat Idul Fitri di pondok pesantren yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, tersebut.

Terlebih dari itu, pondok pesantren Al Zaytun tak mungkin dipisahkan dari sang pendiri, Syaikh Abdussalam Panji Gumilang alias AS Panji Gumilang.

Dia pria yang pernah dikait-kaitkan dengan Negara Islam Indonesia (NII) itu?

Panji Gumilang adalah putra Gresik asli.

Dia lahir di Desa Sembung Anyar, Dukun, Gresik, Jawa Timur.

Setelah lulus dari Sekolah Rakyat (SR), Panji Gumilang melanjutkan studinya di Pondek Pesantren Darussalam Gontor Ponorogo, Jawa Timur, atau yang lebih dikenal sebagai Pondok Modern Gontor.

Panji Gumilang merampungkan pendidikan pondoknya di Gontor pada 1966 dan melanjutkan jenjang yang lebih tinggi ke IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta--sekarang UIN Syarif Hidayatullah.

Sembari menekuni sastra dan kebudayaan Islam di Fakultas Adab, Panji Gumilang juga aktif di HMI Cabang Ciputat.

Pada 13 Agustus 1996 di mendirikan Yayasan Pesantren Indonesia yang kemudian menjadi cikal bakal Pondok Pesantren Al Zaytun.

Di Al Zaytun, Panji Gumilang menerapkan sistem pendidikan satu pipa alias one pipe education system.