Find Us On Social Media :

Inilah Perubahan yang Terjadi dari Penggunaan Trem di Surabaya

By Ade S, Sabtu, 15 April 2023 | 06:41 WIB

Trem di Surabaya. Berikut ini perubahan yang terjadi dari penggunaan trem di Surabaya

Intisari-Online.com - Trem adalah salah satu jenis transportasi berbasis rel yang pernah beroperasi di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk Surabaya.

Hal tersebutlah yang dibahas dalam buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMA Kelas X.

Buku yang pada halaman 32 meminta siswa untuk menjelaskan perubahan apa yang terjadi dari penggunaan trem di Surabaya pada masa itu?

Lalu, apa saja sebenarnya perubahan yang terjadi usai trem secara resmi beroperasi di salah satu kota terbesar di Indonesia tersebut?

Berikut ini ulasannya.

Pertanyaan: Jelaskan perubahan apa yang terjadi dari penggunaan trem di Surabaya pada masa itu?

Jawaban: Penggunaan trem di Surabaya pada masa itu membawa perubahan dalam berbagai aspek, baik fisik, ekonomi, sosial, maupun budaya. Berikut adalah beberapa perubahan yang terjadi dari penggunaan trem di Surabaya pada masa itu:

- Perubahan fisik

Trem mempengaruhi tata ruang dan infrastruktur kota Surabaya. Trem membutuhkan jalur rel yang dibangun di sepanjang jalan-jalan utama kota, sehingga memengaruhi pola lalu lintas dan kepadatan kendaraan.

Trem juga membutuhkan stasiun-stasiun yang tersebar di berbagai titik strategis kota, seperti Ujung (Pelabuhan Tanjung Perak), Wonokromo, Krian, Mojokerto, Ngoro, Gemekan, dan Dinoyo.

Baca Juga: Jelaskan Perubahan Apa yang Terjadi dari Penggunaan Trem di Surabaya pada Masa Itu?