Find Us On Social Media :

Soal PPKN Kelas X: Apa Saja Peristiwa yang Menjadi Tonggak Keberhasilan dalam Upaya Menyatukan Perbedaan Suku, Agama, Ras, dan Golongan dalam Sejarah Indonesia?

By Afif Khoirul M, Sabtu, 8 April 2023 | 15:40 WIB

Ilustrasi - Momen persatuan bangsa Indonesia.

Intisari-online.com - Dalam soal PPKN Kelas X, Halaman 128 memuat soal dengan judul Apa Saja Peristiwa yang Menjadi Tonggak Keberhasilan dalam Upaya Menyatukan Perbedaan Suku, Agama, Ras, dan Golongan dalam Sejarah Indonesia?

Kali ini Intisari Online akan membagikan, hasil jawaban terseut.

Sebelum membahasnya, berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai perbedaan suku agama, ras, dan golongan dalam sejarah Indonesia.

Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman suku, agama, ras, dan golongan.

Keragaman ini merupakan salah satu kekayaan dan keunikan bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

Namun, keragaman juga dapat menimbulkan perbedaan dan konflik jika tidak dikelola dengan baik.

Oleh karena itu, bangsa Indonesia perlu memiliki kesadaran akan persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sejak masa perjuangan kemerdekaan hingga masa kini, bangsa Indonesia telah mengalami berbagai peristiwa yang menjadi tonggak keberhasilan dalam upaya menyatukan perbedaan-perbedaan suku, agama, ras dan golongan.

Berikut adalah beberapa peristiwa tersebut:

1. Kebangkitan nasional

Pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20, terjadi gerakan sosial dan politik yang menumbuhkan kesadaran nasional di kalangan rakyat Indonesia.

Baca Juga: Soal PPKN Kelas X: Bagaimana Keragaman Dikelola Agar Mencapai Tujuan yang Dicita-Citakan?