Find Us On Social Media :

Zakat Fitrah 2,5 Kg Atau 2,7 Kg, Mana yang Lebih Sesuai Sunah Rasul?

By Ade S, Jumat, 31 Maret 2023 | 15:19 WIB

Ilustrasi Zakat Fitrah. 2,5 kg atau 2,7 kg, mana yang lebih tepat?

Intisari-Online.com - Zakat fitrah adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam yang memiliki kelebihan makanan pokok di bulan Ramadhan.

Zakat fitrah bertujuan untuk membersihkan diri dari perkataan dan perbuatan yang sia-sia selama berpuasa, serta untuk membantu fakir miskin agar dapat merayakan Idul Fitri dengan sukacita.

Namun, seringkali kita bingung mengenai berapa sebenarnya ukuran zakat fitrah yang harus kita tunaikan hingga memunculkan pertanyaan, zakat fitrah 2,5 kg atau 2,7 kg?

Sebab, ada yang mengatakan 2,5 kg beras per jiwa, ada yang mengatakan 2,7 kg beras per jiwa, dan ada juga yang mengatakan 3 kg beras per jiwa. Lalu, mana yang lebih sesuai dengan sunah Rasulullah SAW?

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang ukuran zakat fitrah yang paling tepat berdasarkan sunah Rasulullah SAW dan sumber-sumber lain yang dapat dijadikan rujukan.

Kita juga akan mengetahui alasan mengapa ada perbedaan ukuran zakat fitrah di antara umat Islam dan bagaimana cara menentukan ukuran zakat fitrah yang sesuai dengan kondisi kita.

Berdasarkan Hadis

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al-Khudriy ra, besaran zakat fitrah pada masa Rasulullah SAW adalah satu sha’ kurma atau satu sha’ sya’ir (jenis gandum).

Besaran ini sama untuk semua orang, baik laki-laki maupun perempuan, merdeka atau budak, kecil atau besar (usianya).

Satu sha’ sendiri adalah ukuran takaran yang digunakan pada zaman Rasulullah SAW. Namun, ukuran ini tidak sama di setiap tempat dan waktu.

Baca Juga: Zakat Fitrah 2,5 Kg atau 2,7 Kg? Ini Alasan di Balik Perbedaan Ukuran yang Sering Ditemukan