Find Us On Social Media :

Benda Sepele di Dapur Asal Indonesia Ini Ternyata Harganya Mahal!

By Andreas Chris Febrianto Nugroho, Senin, 24 April 2023 | 08:15 WIB

Ilustrasi nama bumbu dapur dalam bahasa Sunda.

Intisari Online - Sejak dulu rempah-rempah dianggap sebagai salah satu bahan yang cukup penting di dunia.

Bahkan tak jarang rempah-rempah yang sering ditemukan di dapur ini dianggap sebagai benda sepele.

Namun siapa sangka, ternyata rempah-rempah yang dianggap sepele tersebut merupakan barang-barang yang harganya sangat mahal.

Beberapa rempah-rempah yang dihargai mahal itu ternyata berasal dari Indonesia.

Jack Tuner dalam bukunya berjudul 'Sejarah Rempah Dari Erotisme sampai Imperialisme' pernah menuliskan bahwa benda dapur ini cukup penting dalam perjalanan peradaban manusia.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa benda-benda yang sering ditemukan di dapur ini sebagian besar merupakan komoditi asli Nusantara.

Sebut saja seperti lada, pala, cengkih, merica, kapur barus, jahe, ketumbar, jintan dan masih ada banyak lagi rempah-rempah yang berasal dari Indonesia.

Dalam sejarah, bahkan rempah-rempah menjadi pemula munculnya kolonialisme, imperialisme hingga menimbulkan penjajahan yang dilakukan negara-negara Eropa di dunia.

Tanpa terkecuali penjajahan yang pernah dialami di Nusantara oleh bangsa-bangsa Eropa bermula dari benda sepele yang banyak ditemukan di dapur tersebut.

Negara-negara Eropa seperti Portugis, Spanyol, Inggris hingga Belanda bisa disimpulkan datang ke Nusantara tak lain karena rempah-rempah.

Baca Juga: Faktor Pendorong Bangsa Barat Datang ke Indonesia

Sementara itu terkait rempah-rempah asal Nusantara sendiri memang memiliki sejarah yang cukup panjang.