Find Us On Social Media :

Bagaimana Peran International Court of Justice (ICJ) dalam Sengketa Batas Wilayah?

By Khaerunisa, Selasa, 7 Maret 2023 | 19:45 WIB

International Court of Justice (ICJ).

Intisari-Online.com - Bagaimana peran International Court of Justice (ICJ) dalam sengketa internasional?

Pertanyaan tersebut ada di halaman 171 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA/SMK Kelas XI.

Pada bagian 4 buku tersebut dipelajari mengenai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang kemudian pada unit 2 dipelajari mengenai cara-cara penyelesaian sengketa internasional secara damai.

Penyelesaian di bawah naungan organisasi PBB merupakan salah satu penyelesaian sengketa internasional secara damai.

Dalam Pasal 1 Piagam PBB, yang di antara tujuannya adalah memelihara perdamaian dan keamanan internasional, erat hubungannya dengan upaya penyelesaian sengketa antara negara secara damai.

Dalam hal itu, PBB memiliki lembaga International Court of Justice (ICJ) atau Mahkamah Internasional yang memberikan peran penting dalam proses penyelesaian sengketa antarnegara melalui Dewan Keamanan (DK).

Berdasarkan keterangan Bab VI, DK diberi kewenangan untuk melakukan upaya-upaya terkait penyelesaian sengketa.

Bagaimana peran International Court of Justice (ICJ) atau Mahkamah Internasional dalam penyelesaian sengketa internasional?

Dalam menyelesaikan sengketa, Mahkamah Internasional memiliki kewenangan atau yurisdiksi sendiri, meliputi kewenangan untuk memutuskan perkara-perkara para pihak yang bersengketa dan kewenangan dalam memberikan opini.

Umumnya, Mahkamah Internasional PBB menyelesaikan masalah persengketaan dengan cara damai dan tidak diperbolehkan menggunakan kekerasan.

Selanjutnya, Mahkamah Internasional dalam menyelesaikan sengketa hendaknya dengan cara yang seadil-adilnya bagi para pihak. Hal tersebut juga sesuai dengan tujuan Hukum Internasional.

Baca Juga: Penjelasan Cara Penyelesaian Sengketa Internasional Secara Damai