Find Us On Social Media :

Mengenal Tourette Syndrome yang Dialami Lewis Capaldi, Penyebab dan Gejalanya

By Ade S, Rabu, 1 Maret 2023 | 08:16 WIB

Lewis Capaldi yang menderita tourette syndrome

Intisari-Online.com - Penyanyi Lewis Capaldi harus bersusah payah menyelesaikan lagunya di Frankfurt Jerman, Selasa (21/2/2023) usai dirinya penyakit tourette syndrome yang dimilikinya kambuh.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat Lewis Capaldi tidak bisa mengendalikan gerak kepalanya saat melantunkan lagu “Someone You Loved”.

Lalu, apa sebenarnya tourette syndrome? Apa juga yang menjadi penyebab dan gejalanya? Berikut ini uraiannya.

Tourette syndrome adalah kondisi neurologis yang ditandai dengan gerakan berulang yang tidak terkontrol (tik) dan suara yang tidak disengaja (suara tic).

Melansir Mayo Clinic, Rabu (1/3/2023), kondisi yang muncul secara tiba-tiba dan berulang-ulang ini sering dimulai pada masa kanak-kanak, dan bisa berlanjut hingga masa dewasa.

Faktor penyebab tourette syndrome

Faktor penyebab tourette syndrome belum sepenuhnya benar-benar dipahami, tetapi kemungkinan dipengaruhi oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

Beberapa faktor yang telah diidentifikasi berpotensi mempengaruhi terjadinya kondisi ini pada diri seseorang adalah:

1) Faktor genetik: Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jika salah satu orang tua memiliki tourette syndrome, maka anak mereka berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan kondisi ini.

2) Perubahan kimia dalam otak: Dalam tourette syndrome, terdapat perubahan pada neurotransmitter kimia di dalam otak, terutama dopamin dan serotonin. Hal ini diyakini memainkan peran dalam regulasi gerakan dan suara yang terkait dengan kondisi ini.

3) Faktor lingkungan: Beberapa faktor lingkungan telah diidentifikasi sebagai berpotensi mempengaruhi risiko seseorang mengalami tourette syndrome. Misalnya stres, perubahan hormonal, dan paparan zat kimia tertentu juga dapat mempengaruhi perkembangan Tourette Syndrome.

Baca Juga: Beredar Postingan Mengenai Princess Syndrome yang Diduga Ditunjukkan Untuk AG, Ternyata Ini Ciri-Cirinya!