Find Us On Social Media :

Manfaat yang Dapat Diambil dari Kunjungan ke Kelompok Minoritas, Apa Saja?

By Khaerunisa, Senin, 27 Februari 2023 | 09:35 WIB

Ilustrasi. Manfaat dari kunjungan ke kelompok minoritas.

Intisari-Online.com - Apa manfaat yang dapat diambil dari kunjungan ke kelompok minoritas?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kita ketahui dulu apa itu kelompok minoritas.

Menurut KBBI, kelompok adalah kumpulan manusia yang merupakan kesatuan yang beridentitas dengan adat istiadat dan sistem norma yang mengatur pola-pola interaksi antara manusia.

Sementara minoritas ialah golongan sosial yang jumlah warganya jauh lebih kecil jika dibanding dengan golongan lain dalam suatu masyarakat. Minoritas juga diartikan sebagai suatu kelompok yang memiliki pengikut yang lebih sedikit.

Dapat disimpulkan bahwa kelompok minoritas adalah kelompok yang jumlah anggota atau pengikutnya lebih sedikit dibanding kelompok lain.

Berbeda dengan kelompok minoritas, kelompok mayoritas memiliki lebih banyak anggota atau pengikut dibanding kelompok lain.

Sementara itu menurut Louis Wirth, sosiolog dari Amerika, kelompok minoritas bisa didefinisikan sebagai sekelompok orang yang terpisahkan dari kelompok lainnya pada lingkungan sekitar tempat tinggalnya dikarenakan perbedaan fisik hingga karakteristik budaya.

Oleh karena itu, kelompok minoritas rentan mengalami diskriminasi dalam masyarakat.

Pertanyaan yang berbunyi "Apa manfaat yang dapat diambil dari kunjungan ke kelompok minoritas?" terdapat pada halaman 153 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA/SMK Kelas X.

Pada bagian 4 buku tersebut dipelajari mengenai Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga: Kaitan Antara Diskriminasi dan Kebinekaan Budaya Bangsa Kita