Find Us On Social Media :

Contoh Pengamalan Sila Ke-5 di Rumah, Apa Saja? Simak Berikut Ini

By Khaerunisa, Selasa, 24 Januari 2023 | 14:15 WIB

Ilustrasi. Contoh pengamalan sila ke-5 di rumah.

Intisari-Online.com - Berbunyi "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia", berikut ini contoh pengamalan sila ke-5 Pancasila di rumah.

Sebelum mengetahui contoh pengamalan sila ke-5 di rumah, terlebih dahulu kita lihat apa makna sila tersebut dan apa saja butir-butir nilai yang terkandung di dalamnya.

Makna sila ke-5 Pancasila yaitu bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah tercapainya masyarakat adil dan makmur secara lahir dan batin.

Sila ke-5 dalam Pancasila menegaskan bahwa keadilan sosial merupakan keadilan yang berlaku dalam masyarakat di segala bidang kehidupan, baik materil maupun spiritual.

Seluruh masyarakat Indonesia, tanpa terkecuali, berhak mendapat keadilan di berbagai bidang kehidupannya.

Sila ke-5 Pancasila juga disimbolkan dengan padi dan kapas, di mana keduanya merupakan kebutuhan utama manusia untuk bertahan hidup.

Padi melambangkan pangan dan kapas melambangkan pakaian, sebagai kebutuhan pokok setiap masyarakat Indonesia.

Padi dan kapas juga menjadi dua syarat utama untuk mencapai kemakmuran bangsa dan negara Indonesia, yang mana menjadi tujuan utama sila ke-5 Pancasila.

Sementara itu, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan nilai mendasar untuk dijadikan pedoman peraturan atau dasar norma di Indonesia, termasuk nilai-nilai sile ke-5 Pancasila.

Menurut Eka Periaman Zai dalam buku Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara (2020), Pancasila sebagai pandangan hidup berarti Pancasila merupakan prinsip dasar kehidupan masyarakat Indonesia.

Pancasila sebagai pandangan hidup sering pula disebut way of life, pegangan hidup, pedoman hidup, pandangan dunia, atau petunjuk hidup.

Baca Juga: Catat, Inilah Contoh Pengamalan Sila ke-5 di Rumah dan Keluarga