Find Us On Social Media :

Apa yang Dilakukan Terhadap Kekayaan Budaya Bangsa Indonesia Setelah Kita Menghargainya?

By Khaerunisa, Jumat, 23 Desember 2022 | 15:50 WIB

Ilustrasi. Apa yang dilakukan terhadap kekayaan bangsa Indonesia setelah kita menghargainya?

Intisari-Online.com - Apa yang dilakukan terhadap kekayaan bangsa Indonesia setelah kita menghargainya?

Pertanyaan "Apa yang dilakukan terhadap kekayaan bangsa Indonesia setelah kita menghargainya?" terdapat pada halaman 141 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA/SMK Kelas X.

Seperti diketahui, Indonesia memiliki kekayaan dan keragaman budaya.

Kekayaan dan keragaman yang telah terbentuk melalui proses panjang, melalui interaksi antarsuku di Indonesia maupun hasil persinggungan dengan budaya bangsa lain.

Pada bagian 3 unit 2 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA/SMK Kelas X dipelajari bagaimana mengenali, menyadari, dan menghargai identitas.

Kekayaan dan keragaman budaya itu terbentuk melalui proses panjang melalui interaksi antarsuku di Indonesia maupun hasil persinggungan dengan budaya bangsa lain.

Menghargai keragaman adalah salah satu bentuk ketaatan kita pada hukum alam.

Tuhan telah menciptakan manusia dengan segala keragaman identitas yang melekat padanya.

Menyadari dan menghormati keragaman, tak hanya sebagai cara mengenali sesama tetapi juga memuliakan ciptaan-Nya.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, hingga tahun 2010, ada 1300-an lebih suku bangsa di Indonesia.

Sementara, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Badan Bahasa Kemendikbud) telah memetakan dan memverifikasi 718 bahasa daerah di Indonesia.

Baca Juga: Apa Kesepakatan Tentang Dasar Negara yang Dihasilkan dari Anggota BPUPKI yang Memiliki Keragaman Latar Belakang Agama dan Budaya?