Find Us On Social Media :

Pangkat Tituler Deddy Corbuzier Tuai Polemik, Disebut Berbeda Ini Daftar Tokoh Lain Penerima Pangkat Tersebut

By Khaerunisa, Kamis, 15 Desember 2022 | 16:55 WIB

Pangkat Tituler Deddy Corbuzier.

Intisari-Online.com - Baru-baru ini Deddy Corbuzier diketahui menerima pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Tituler TNI AD.

Pangkat tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Selain itu, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman diketahui turut mengesahkan pangkat tituler milik Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzzier pun membagikan hal tersebut di akun media sosial Instagramnya, Jumat (9/12/2022).

Namun, kini pemberian pangkat tituler kepada Deddy Corbuzier menuai polemik.

Guru Besar Politik dan Keamanan Universitas Padjajaran Prof Muradi mempertanyakan kriteria penilaian Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dalam memberikan pangkat letkol tituler kepada YouTuber Deddy Cahyadi Sunjoyo atau Deddy Corbuzier.

"Apakah memang penilaiannya sudah benar? Minimal ada tim asesmen. Enggak bisa kemudian karena diminta oleh Kemhan diserahkan ke panglima dan KSAD langsung mengatakan iya. Nah, proses ini yang perlu dalami betul," kata Muradi, dikutip dari program Sapa Indonesia Malam di Kompas TV, Rabu (14/12/2022).

Muradi menilai wajar jika masyarakat juga turut mempertanyakan urgensi pemberian pangkat letkol tituler kepada Deddy Corbuzier.

Sementara itu, pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan bahwa pemberian pangkat tersebut terkesan murah dan mudah diberikan.

Menurutnya, pemberian pangkat tersebut justru merupakan bentuk distorsi dan salah kaprah.

"Pemberian pangkat itu justru bentuk distorsi dan salah kaprah. Komponen cadangan adalah wujud peran serta warga negara dalam bela negara dan implementasi sistem pertahanan semesta," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (11/12/2022).

Baca Juga: Tak Hanya Jawa, Barak Militer di Aceh Juga Pernah Mempraktikkan Pergundikan