Find Us On Social Media :

Prancis Kalahkan Maroko, Bak Mengulang Sejarah Pertempuran Tours Saat Pasukan Charles Martel Menyerang Pasukan Muslim

By Mentari DP, Kamis, 15 Desember 2022 | 15:30 WIB

Prancis dipastikan melaju ke partai final Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalahkan Maroko.

Intisari-Online.com - Juara Piala Dunia 2018, Prancis dipastikan melaju ke partai final Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalahkan Maroko.

Timnas Prancis tampil memukau dengan mengalahkan Maroko dengan skor 2-0 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar pada Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Kemenangan atas Maroko tidak hanya membuat Prancis akan menantang Argentina di partai final Piala Dunia 2022 Qatar, namun juga bak mengulang sejarah Pertempuran Tours.

Apa itu Pertempuran Tours?

Dilansir dari britannica.com pada Kamis (15/12/2022), Pertempuran Tours terjadi pada 10 Oktober 732 di di suatu tempat antara Tours dan Poitiers.

Sehingga julukan lainnya adalah Pertempuran Poitiers.

Pertempuran Tours dipimpin oleh Charles Martel, penguasa de facto kerajaan Frank dan seorang Kristen, yang mengalahkan pasukan besar Moor Spanyol.

Tujuannya untuk menghentikan kemajuan Muslim ke Eropa Barat. 

Dalam pertempuran ini, Abd-ar-Rahman, gubernur Muslim Kordoba, tewas. Serta bangsa Moor mundur dari Gaul, tidak pernah kembali dengan kekuatan seperti itu.

Pertempuran ini bermuka ketika kematian raja Visigoth Witiza pada tahun 710 membuat Spanyol berantakan.

Para bangsawan Gotik menolak untuk mengakui putra-putranya yang masih kecil dan memilih Roderick, dux (adipati) Baetica, untuk menggantikannya.

Baca Juga: Siap Tantang Prancis di Semifinal Piala Dunia 2022, Ini Cerita di Balik Keberhasilan Sepak Bola Maroko, Rela Kucurkan Dana Rp165 Miliar Tiap Tahun