Find Us On Social Media :

Berusia 3.000 Tahun, Jimat Batu Mesir Kuno yang Ditemukan di Israel Ini Gambarkan Seorang Firaun yang Berkuasa

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 6 Desember 2022 | 12:00 WIB

Berusia 3.000 Tahun, Jimat Batu Mesir Kuno yang Ditemukan di Israel Ini Gambarkan Seorang Firaun yang Berkuasa

Intisari-Online.com – Segel scarab berusia 3.000 tahun yang terpelihara dengan baik secara tidak sengaja ditemukanselama perjalanan sekolah di Israel.

Jimat batu Mesir Kuno itu menggambarkan pemberian legitimasi kepada seorang penguasa.

Jimat batu kuno dan segel impresi itu ditemukan saat karyawisata sekolah ke Azor, sekitar tujuh kilometer tenggara Tel Aviv, Israel.

"Kami sedang berjalan-jalan ketika saya melihat sesuatu yang tampak seperti mainan kecil di tanah," kata Gilead Stern dari Pusat Pendidikan Otoritas Kepurbakalaan Israel, yang memimpin kelompok sekolah dalam tur arkeologi.

“Sebuah suara batin berkata kepada saya: 'Ambil dan balikkan.' Saya tercengang: itu adalah segel scarab dengan pemandangan yang tergores dengan jelas, impian setiap arkeolog amatir! Para murid sangat bersemangat!”

Scarab adalah salah satu simbol Mesir Kuno tertua dan banyak digunakan.

Firaun Mesir menyembah kumbang kotoran dan kemungkinanbesar itu secara simbolis sama sakralnya bagi orang Mesir, seperti halnya salib bagi orang Kristen.

Scarab dengan kualitas estetika dan simbolisme perdukunan sudah dikenal di Kerajaan Lama (milenium ke-3 SM) dan memainkan peran penting dalam pemujaan hewan awal.

Itu didukung oleh bukti arkeologis yang ditemukan di kuburan pada masa Raja Den dari Dinasti I.

Jimat kuno yang ditemukan oleh anak sekolah itu menunjukkan scarab diukir dalam bentuk kumbang kotoran biasa.

Orang Mesir Kuno membayangkan aktivitas kumbang, menggelindingkan bola kotoran dua kali ukurannya, untuk menyimpan keturunannya di masa depan sebagai perwujudan penciptaan dan regenerasi, serupa dengan tindakan Tuhan Pencipta.

Baca Juga: Seperti Inilah Wajah Raja Mesir Kuno Firaun Tutankhamun yang Direkonstruksi oleh Bioarkeologis