Find Us On Social Media :

Soal Sejarah Kelas X: Komoditas Apa yang Menarik Bagi Kaum Pedagang untuk Mendatangi Pelabuhan yang Ada di Kepulauan Indonesia?

By Khaerunisa, Sabtu, 19 November 2022 | 12:30 WIB

Ilustrasi. Komoditas apa yang menarik bagi kaum pedagang untuk mendatangi pelabuhan yang ada di Kepulauan Indonesia?

Intisari-Online.com - Komoditas apa yang menarik bagi kaum pedagang untuk mendatangi pelabuhan yang ada di Kepulauan Indonesia?

Pertanyaan "Komoditas apa yang menarik kaum pedagang mendatangi pelabuhan di Kepulauan Indonesia?" terdapat pada halaman 156 buku Sejarah Indonesia Kelas X Kurikulum 2013.

Dijelaskan pada sub bab "Terbentuknya Jaringan Nusantara Melalui Perdagangan", bahwa jalur-jalur perdagangan yang berkembang di Nusantara sangat ditentukan oleh kepentingan ekonomi pada saat itu.

Selain itu, dipengaruhi juga oleh perkembangan rute perdagangan dalam setiap masa yang berbeda-beda.

Jika pada masa praaksara hegemoni budaya dominan datang dari pendukung budaya Austronesia di Asia Tenggara Daratan, maka pada masa perkembangan Hindu-Buddha di Nusantara terdapat dua kekuatan peradaban besar.

Dua kekuatan besar tersebut yaitu Cina di utara dan India di bagian barat daya.

Keduanya merupakan dua kekuatan super power pada masanya dan mempunyai pengaruh amat besar terhadap penduduk di Kepulauan Indonesia.

Sehingga bagaimanapun, peralihan rute perdagangan dunia tersebut telah membawa berkah tersendiri bagi masyarakat dan suku bangsa di Nusantara.

Mereka secara langsung terintegrasi ke dalam jaringan perdagangan dunia pada masa itu.

Selama periode Hindhu-Buddha sendiri kebesaran Kerajaan Sriwijaya, Singashari dan Majapahit disebut sebagai kekuatan besar Nusantara yang memiliki kekuatan integrasi secara politik.

Misalnya wilayah perairan yang berada di bawah kekuasaan Sriwijaya di antaranya perairan di Laut Natuna, Selat Malaka, Selat Sunda, dan Laut Jawa.

Baca Juga: Soal Sejarah Kelas X: Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya?