Find Us On Social Media :

Kisah Jiro Horikoshi, Orang yang Ciptakan Pesawat Tempur Jepang Untuh Menggempur Pearl Harbor

By Afif Khoirul M, Jumat, 11 November 2022 | 14:56 WIB

Jiro Horikoshi

Intisari-online.com - Jiro Horikoshi, adalah  perancang pesawat tempur Zero yang digunakan dalam serangan di Pearl Harbor pada awal fase Pasifik Perang Dunia II.

Ia meninggal karena pneumonia tahun 1982 di sebuah rumah sakit di Tokyo, dengan usia 78 tahun.

Horikoshi adalah seorang insinyur penerbangan yang merancang beberapa pesawat militer di tahun 1930-an, tapi yang terbaik adalah Zero.

Pesawat tempur bermesin tunggal yang dirancang untuk kelincahan daripada daya tahan.

Lebih dari 10.400 dibangun oleh Mitsubishi Heavy Industries Ltd. selama Perang Dunia II.

Dipersenjatai dengan dua senapan mesin dan dua meriam 20 milimeter, Zero yang ringan memiliki daya tembak yang luar biasa pada masanya dan dapat mengungguli setiap pesawat tempur Amerika yang digunakan pada saat itu.

Lulusan teknik Tokyo Imperial University, Jiro Horikoshi bergabung dengan Mitsubishi, perusahaan manufaktur terbesar di Jepang, pada tahun 1927.

Dalam beberapa tahun terakhir, ia tetap aktif di bidang desain penerbangan dan berpartisipasi dalam pengembangan YS-11, pesawat komersial jarak pendek yang digerakkan baling-baling. .

Dia juga seorang profesor di Institut Pertahanan Jepang dan di Universitas Nippon. 

Dalam sebuah buku tahun 1956 berjudul ''Zero,'' yang ditulis oleh Jiro Hirokoshi dan Masatake Okumiya, yang merupakan komandan pertahanan udara tanah air Jepang, dengan Martin Caidin, seorang penulis penerbangan Amerika.

Penulis mengatakan bahwa serangan Jepang ke Pearl Harbor terlalu berhasil memberikan ujian nyata bagi Zero fighter.

Keunggulan awal pesawat di bulan-bulan pertama perang tampak begitu meyakinkan, kata mereka, bahwa komando tinggi Jepang terus menghasilkan Zero yang sama dengan hanya sedikit modifikasi selama sisa perang.