Find Us On Social Media :

Inilah Enam Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Memicu Stres

By Ilham Pradipta M., Kamis, 9 Juni 2016 | 06:30 WIB

Inilah Enam Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Memicu Stres

Intisari-Online.com – Setiap orang tentu pernah memiliki masalah dalam hidupnya. Tak jarang masalah itu memicu stres dan membuat masalah semakin semerawut. Tapi tahukan Anda kalau stres bisa dipicu melalui kebiasaan kita sehari-hari?

1. Telat bangun tidurBangun kesiangan mungkin pernah kita alami bersama. Hal ini merupakan langkah awal yang buruk untuk memulai pagi hari kita. Ketika terlambat bangun di pagi hari tentu akan membuat suasana menjadi tak menyenangkan. Segela hal pasti akan dilakukan dengan tergesa-gesa. Alhasil, dapat menimbulkan rasa panik, cemas, bahkan stres.

2. Di sofa sepanjang hariDuduk di sofa sambil menonton tv memang terlihat santai dan menyenangkan. Tapi, bila dilakukan sepanjang hari, tentu ceritanya akan beda. Sebenarnya hal ini hanya membuat kita meletakan beban tubuh, baik mental dan fisik. Ia juga dapat menyebabkan masalah punggung yang serius dan meningkatkan berat badan. Nah, kalau sudah begitu, siapa yang tidak akan stres?

3. Kurang tidurIstirahat seakan menjadi hal yang sulit dilakukan ketika stres. Namun, Istirahat inilah yang dapat memutarbalikkan kondisi yang sedang terjadi. Cukup tidur sangat membantu kita untuk mengurangi stres. Sebaliknya, ketika kurang tidur tubuh akan terasa sangat tidak nyaman. Imbasnya, membuat kita merasa kesal, malas, dan jengkel.  

4. Sikap yang burukSikap kita juga memiliki peran untuk meningkatkan stres. Tepatnya sikap kita terhadap diri kita sendiri. Misalnya saja berbicara negatif pada diri sendiri, pesimis, atau menetapkan tujuan yang tidak realistis. Nah, hal-hal itulah yang memberikan tekanan pada hidup kita.

5. KonflikHubungan dengan orang lain merupakan pemicu stres yang paling utama. Baik hubungan dengan keluarga, pasangan, dan teman. Sebenarnya kita dapat menghindari konflik dengan memiliki sikap yang positif. Seperti saling menghargai, saling menguatkan, mengakui kesalahan, dan mau memaafkan.

6. Bekerja terlalu berlebihanBekerja terus-menerus akan mendorong orang menjadi stres. Bekerja tanpa henti akan membuat tubuh dan pikiran jadi bermasalah. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk diri kita sendiri. Manjakanlah diri kita dengan sesuatu yang menarik. Bisa juga menghabiskan waktu yang berkualitas dengan orang yang kita cintai.

(theactivetimes.com)