Find Us On Social Media :

5 Mitos Olahraga yang Masih Saja Dipercaya (1)

By Ilham Pradipta M., Selasa, 9 Agustus 2016 | 06:00 WIB

5 Mitos Olahraga yang Masih Saja Dipercaya (1)

Intisari-Online.com – Apakah Anda telah berolahraga keras namun hasil yang dinginkan tak terwujud? Kalau begitu, mungkin Anda telah ‘termakan’ dengan mitos olahraga yang banyak beredar.Ternyata, mitos juga bisa kita temukan di dunia olahraga. Bahkan, banyak orang percaya pada hal-hal yang belum terbukti kebenarannya itu. Nah, berikut mitos-mitos di dunia olahraga:

1. Sit-up kunci mengecilkan perutFakta: Sit-up memang menu latihan yang ‘berbenturan’ langsung dengan perut kita. Tapi, olahraga ini bukanlah cara terbaik untuk melangsingkan perut kita. “Sit-up tidak membakar banyak kalori, ia juga tidak membantu kita untuk menghilangkan lemak dalam jumlah besar,” ujar Way Wayne Westcott, PhD, professor of ilmu olahraga di Quincy College di Quincy.

Menurut studi di Pennsylvania State University, sit-up hanya sedikit memaksa otot perut untuk bekerja lebih keras. Ia lebih efektif untuk meningkatkan kekuatan inti tubuh. Bila Anda tetapi ingin melakukannya, pastikanlah membentuk posisi sit-up yang tepat. Soalnya, posisi sit-up yang asal-asal bisa menyebabkan tulang belakang melengkung. Bahkan menimbulkan rasa sakit yang menyakitkan.

2. Perlu berkeringat selama 45 menit, agar lebih sehatFaktanya:  Padahal, berolahraga setengah jam atau sepuluh menit, sudah bisa meningkatkan kesehatan kita. Kesehatan jantung, misalnya. Sebuah studi juga telah menunjukkan manfaat dari latihan singkat. Bahkan, beberapa ahli mengatakan bahwa sesi latihan singkat lebih baik untuk tubuh kita.

Contohnya, latihan berjalan yang dilakukan selama 30 menit dalam dalam tiga sesi. Tiap sesinya dilakukan selama 10 menit. Menurut para ahli, sesi latihan singkat ini lebih baik daripada langsung melakukannya selama 30 menit.