Find Us On Social Media :

300 Persen Lebih Tajir dari Kapolri Listyo Sigit, Kapolda Jatim Teddy Minahasa Dituntut Jelaskan Ini

By Ade S, Selasa, 11 Oktober 2022 | 18:19 WIB

Kolase Kapolri Listyo Sigit dan Kapolda Jatim Teddy Minahasa

Intisari-Online.com - Baru saja terpilih, sosok Kapolda Jatim Irjen Teddy Minahasa sudah buru-buru diminta jelaskan ini oleh IPW.

Nama Teddy Minahasa sendiri menjadi yang paling banyak dicari di mesin pencari Google pada Selasa (11/10/2022) dengan lebih dari 50 ribu pencarian.

Pencarian tersebut seiring dengan penunjukkan Teddy Minahasa sebagai kapolda Jatim oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit.

Teddy menggantikan Kapolda Jatim sebelumnya, Irjen Nico Afinta yang sebelumnya banyak disorot pasca-tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Banyak pihak yang meyakini bahwa penggantian pucuk tertinggi kepolisian di wilayah Jawa Timur tersebut terjadi menyusul tragedi yang menewaskan 131 orang tersebut.

Lalu siapa sebenarnya Teddy Minahasa dan apa penjelasan yang dituntut IPW tak lama usai dirinya dilantik?

Karier kepolisian Teddy Minahasa Putra dimulai sejak dirinya lulus dari Akademi Kepolisian pada 1993.

Namanya mulai masuk radar pemberitaan saat ditunjuk langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menjadi ajudan dirinya pada 2014.

Penunjukkan Teddy sendiri saat itu berbarengan dengan penunjukkan Listyo Sigit Prabowo sebagai ajudan Presiden Jokowi.

Pria kelahiran Minahasa, Sulawesi utara pada 23 November 1971 tersebut juga tidak terlalu asing dengan kota Malang karena pernah menjadi Kapolres Kota Malang pada 2011.

Selepas menjadi ajudan JK, Teddy sempat mengemban tugas sebagai Kepala Biro Pengamanan Internal (Karo Paminal) Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri pada 2017.

Jabatan yang dipegang oleh Brigjen Hendra Kurniawan saat kasus pembunuhan Brigadir J terjadi.