Find Us On Social Media :

Panjang Umur, Salah Satu Manfaat yang Dihasilkan dari Olahraga Angkat Beban

By Ilham Pradipta M., Rabu, 24 Agustus 2016 | 11:30 WIB

Panjang Umur, Salah Satu Manfaat yang Dihasilkan dari Olahraga Angkat Beban

Intisari-Online.com - Angkat beban identik dengan orang yang memiliki bentuk tubuh berotot dan kekar. Tapi, sebenarnya olahraga sederhana ini tak hanya bermanfaat untuk komposisi tubuh saja. Angkat beban juga banyak menawarkan manfaat lainnya. Seperti memperpanjang usia hingga membuat kita lebih produktif.

1. Tidur lebih berkualitasStudi kecil yang dilakukan pada 2012 mengatakan, angkat beban dapat mengurangi kita untuk terbangun pada malam hari.

2. Lebih produktifOrang yang berolahraga di pagi hari seperti angkat beban,  lebih produktif 15 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak berlolahraga. Bisa dibilang, kita dapat menyelesaikan tugas dalam 8 jam, yang biasanya rampung dalam 12 jam. Hebat bukan?3.Memperpanjang usiaMenurut studi di The University of California, Los Angeles, semakin besar massa otot yang kita miliki saat beranjak tua, semakin rendah risiko untuk kematian dini. Nah, angkat beban dapat memaksimalkan dan menjaga massa otot kita. 

4. Melawan osteoporosisSeiring bertambahnya usia,  secara alami tubuh akan kehilangan massa tulang dan otot. Alhasil, membuat tulang jadi lebih keropos. Nah, angkat beban dapat membantu kita untuk melawan kedua hal ini. Angkat beban dapat membuat otot lebih besar dan kuat. Tulang pun akan beradaptasi mengimbangi otot yang membesar. Pastinya, tulang tak akan mudah rapuh dan keropos.

5. Lebih bahagiaAngkat beban dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan mental kita. Olahraga ini bermanfaat untuk mengurangi kecemasan dan gejala depresi.

6.  Menjaga kesehatan jantungCardio bukanlah satu-satu bentuk latihan yang baik untuk kardiovaskular. The American Heart Association mengatakan, angkat beban dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Agar hasilnya lebih baik, lakukanlah sesi angkat beban setidaknya dua kali seminggu.

7. Menurunkan risiko diabetesAngkat beban memainkan peran penting untuk mencegah diabetes. Hasil penelitian yang dimuat dalam The Archives of Internal Medicine mengatakan, orang yang mengangkat beban 150 menit tiap minggu, risiko terkena diabetes akan berkurang sebanyak 34 persen. 

(fitnessmagazine.com, womenshealthmag.com, huffingtonpost.com, livestrong.com)