Find Us On Social Media :

Dari Rahimnya Lahir Raja-raja Inggris, Inilah Kisah Sophia dari Hanover, Pewaris Britania Raya

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 27 September 2022 | 07:00 WIB

Sophia dari Hanover, yang lahirkan raja-raja Inggris.

Intisari-Online.com Sophia dari Hanover lahir pada 14 Oktober 1630 di Den Haag, Belanda, di mana orangtuanya diasingkan, tinggal

Orangtuanya adalah Elizabeth Stuart, putri James VI dan I dan Anne dari Denmark, dan Frederick V, Elector Palatine.

Sophia dibaptis pada tanggal 30 Januari 1631 di Kloosterkerk di Den Haag, setelah tiga hari sebelumnya kakak perempuannya Putri Charlotte dimakamkan.

Dia lalu dibawa ke Leiden untuk dibesarkan, karena, kata Sophia sendiri, ibunya ‘lebih suka melihat monyet-monyet daripada kami’.

Sophia menggambarkan masa mudanya di Leiden, “Saya bangun pukul tujuh pagi dan setiap hari saya harus pergi en déshabille ke Mlle Marie de Quadt, salah satu putri dari Madame de Plessen yang membuat saya berdoa dan membaca Alkitab.

Kemudian dia mengajari saya Quatrain of Pibrac sementara dia menggunakan waktu untuk membersihkan giginya, yang selalu membutuhkannya, dan berkumur, seringai yang tetap dalam imajinasi saya jauh lebih baik daripada semua yang dia coba ajarkan kepada saya.”

Pada usia sepuluh tahun, pendidikannya di Leinden berakhir, dan dia kembali bergabung dengan ibu dan saudar perempuannya di Den Haag.

Pada tahun 1650, hanya Sophia dan saudara perempuannya Louise yang tinggal bersama ibu mereka.

Pada tahun yang sama, dia diundang oleh kakanya, yang telah dikembalikan ke Rhine Palatinate, yang datang ke Heidelberg.

Sophia pun berlayar ke sungai Rhine dengan dua wanitanya, tetapi mereka tidak bisa tinggal di kastil di Heidelberg karena telah rusak dalam perang.

Mereka menginap di sebuah rumah di kota.

Namun, saat berada di Heidelberg, dia terkena penyakit cacar.