Find Us On Social Media :

Ingat Tokoh Kartun ‘Popeye the Sailor Man’? Rupanya Tokoh Ini Benar-benar Ada di Dunia Nyata, Siapa Dia dan Benarkah Benar-benar Makan Bayam?

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 22 September 2022 | 14:20 WIB

Elzie Crisler Segar, desainer kartun yang menciptakan tokoh kartun Popeye.

Intisari-Online.com – Kalau Anda menonton film-film kartun, pernahkah Anda berpikir apakah tokoh dalam karakter kartun itu benar-benar ada?

Anda masih ingat karakter kartun Popeye dalam film kartun ‘Popeye the Sailor Man’?

Popeye sebenarnya didasarkan pada orang nyata yang karakteristiknya mirip dengan karakter kartun seperti yang kita saksikan.

Popeye merupakan karakter kartun tua, yang diadopsi dan dikembangkan kembali selama bertahun-tahun oleh berbagai perusahaan televisi.

Orang di balik karakter kartun itu adalah Elzie Crisler Segar, seorang desainer kartun terkenal yang bekerja untuk New York Times.

Pada tahun 1919, Segar diminta oleh New York Times untuk membuat karakter karun baru yang muncul di generasi muda.

Segar berasal dari kota bernama Chester di  Illionoiis, AS, yang memiliki banyak kepribadian menarik yang kemudian dia adopsi ke dalam kartunnya.

J. William Schuchert adalah karakter terkenal lainnya yang diciptakan oleh Segar dan sebenarnya terinspirasi oleh pemilik teater lokal di Chester.

Demikian pula yang terjadi dengan penciptaan tokoh kartun Popeye si Pelaut.

Inspirasi tokoh Popeye adalah Frank Fiegel, yang oleh penduduk setempat dijuluki sebagai ‘Rocky’.

Frank lahir pada tahun 1868 dan bermigrasi bersama keluarganya dari Polandia ke Amerika ketika masih muda.

Hampir sepanjang hidupnya, dia bekerja sebagai bartender dan bukan pelaut, meskipun dia selalu membicarakan keinginannya untuk berlayar keliling dunia.