Find Us On Social Media :

Rawan Pencurian Data, BliBli Malah Dapat Sorotan Karena Jadi Situs Belanja dengan Sistem Keamanan Tinggi Gunakan CSIRT, Apa Itu?

By Afif Khoirul M, Kamis, 22 September 2022 | 13:48 WIB

Ilustrasi promo Blibli

Intisari-online.com - Maraknya kasus pencurian data di internet membuat salah satu situs belanja online mendapat sorotan.

Situs belanja tersebut adalah Blibli yang belakangan ini mendapat sorotan, karena menggunakan CSIRT.

Computer Security Incident Response Team (CSIRT) menjadi setandar mekanisme penanganan insider siber.

Blibli menjadi platform e-commerce pertama di Indonesia yang mengimplementasikan CSIRT, dengan sertifikasi ISO/IEC 2700:2013, berstandar internasional.

Untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi dalam melindungi data konsumen.

Ini adalah langkah Blibli untuk mengantisipasi maraknya kebocoran data pelanggan, dengan menyempurnakan sistem keamanan demi kepuasan pelanggan.

CSIRT sendiri adalah organisasi atau tim yang bertanggung jawab meninjau laporan dan aktivitas keamanan siber.

Tim ini dibentuk dengan tujuan melalukan penyelidikan komperehensif untuk melindungi sistem atau data insider keamanan siber.

Dengan cara terlibat aktif pada penilaian deteksi ancaman, perencanaan mitigasi, dan tinjauan atas arsitektur keamanan informasi organisasi.

Sementara CSIRT sudah hadir di Indonesia, pada tahun 1998 bertugas untuk koordinasi teknis utuk komunitas dan publik.

Tahun 2007, CSIRT sudah diresmikan oleh Kominfo, hingga akhirnya pada 2019, CSIRT resmi diluncurkan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Sejauh ini Blibli menjadi satu-satunya e-commerce di Indonesia yang menerapkan CSIRT.

Baca Juga: Dilirik Hacker Bjorka, Ternyata Ini yang Dilakukan Pemuda Madiun yang Kini Terkena Pasal UU ITE, Sempat Kaget saat Dapat Pesan Ini

Menurut VP Information Security Blibli Rendra Perdana, salah satu cara mencegah keamanan adalah menerapkan keamanan siber melalui end-to-end security.

Cara ini dilakukan untuk mengelola tata keamanan informasi dan manajemen risiko, terhadap Information Security Network & Standards.

Tim Customer Relation Blibli, rutin melakukan sosialisasi keamanan data (security awareness), terhadap pelanggan.

Jika pelanggan memiliki kesulitan, bisa mengakses chanel resmi Customer Care Blibli, yang bisa dihubungi selama 24 jam.

Sementara, asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) juga mendorong perusahaan e-commerce Indonesia untuk memperkuat sistem keamanan siber.

Pergerakan industri digital disebut memang sedang marak di Indonesia.

Ini membuat perusahaan e-commerce dituntut untuk membuat pergerakan dinamis untuk memutakhirkan sistem keamanan sibernya.

Langkah Blibli ini pun mendapat apresiasi dari ketua IdEA karena telah memperkuat sistem IT-nya.