Find Us On Social Media :

Dibombardir Rusia di Darat, Ukraina Siapkan Senjata Canggih yang Membuatnya Perkasa di Lautan, Namun Baru Selesai Tahun 2023, Senjata Apa yang Dimaksud ?

By Afif Khoirul M, Rabu, 21 September 2022 | 18:30 WIB

Ilustrasi - Kapal Perang milik Ukraina.

Intisari-online.com - Korvet pemburu kapal selam kelas Ada saat ini sedang dibangun oleh galangan kapal RMK Marine Turki untuk Ukraina dan diharapkan akan dikirim pada tahun 2023.

Angkatan Laut Turki saat ini mengoperasikan empat korvet pemburu kapal selam kelas Ada.

Pada tahun 2020, Kementerian Pertahanan Ukraina menandatangani kontrak untuk membeli dua kapal perang kelas Ada dengan harga sekitar 256 juta dollar AS.

Menurut rencana, galangan kapal RMK Marine Turki akan membangun kapal baru dan peralatan di atas kapal akan dipasang sendiri oleh pihak Ukraina.

Pada (19/9), situs web Navy Recognition memposting gambar terbaru dari kapal perang baru yang sedang dibangun oleh Turki untuk angkatan laut Ukraina.

Gambar menunjukkan bahwa kapal Hetman Ivan Mazepa bernomor F211 hampir selesai dan akan segera diluncurkan oleh galangan kapal RMK Marine.

Setelah dikirim, Hetman Ivan Mazepa kelas Ada akan menjadi kapal perang paling kuat dari angkatan laut Ukraina.

Unggulan angkatan laut Ukraina, fregat Hetman Sahaidachny, kini telah tenggelam pada tahap awal konflik karena Ukraina khawatir kapal perang itu bisa jatuh ke tangan Rusia.

Dibandingkan dengan kapal induk Hetman Sahaidachny, korvet pemburu kapal selam Hetman Ivan Mazepa benar-benar unggul dalam hal daya tembak.

Kapal dilengkapi dengan meriam utama 76mm, 8 peluncur rudal anti kapal Harpoon, 1 sistem rudal pertahanan udara RAM Block I, 2 peluncur torpedo ganda 324mm.

Kapal yang dirancang khusus untuk berburu kapal selam, dilengkapi dengan helikopter anti kapal selam S-70B Seahawk dan kendaraan udara tak berawak (UAV).

Angkatan Laut Ukraina juga dapat memasang sistem senjatanya sendiri di kapal tergantung pada kebutuhan tempur.