Find Us On Social Media :

Padahal Sekutu, Ternyata Hubungan Amerika-Jerman Sedang Alami Keretakan, AS Marah Besar Gara-Gara Sikap Jerman yang Bantu Ukraina Dengan Cara Setengah-Setengah Ini

By Afif Khoirul M, Sabtu, 17 September 2022 | 12:30 WIB

Tentara Amerika Serikat, salah satu tentara terkuat di dunia.

Intisari-online.com - Berlin menunjukkan tanda-tanda menyimpang dari sekutunya, terutama Amerika Serikat, dalam hal dukungan militer untuk Ukraina, surat kabar Jerman Die Welt melaporkan pada (15/9).

Laporan itu mengatakan bahwa masalah ini mempengaruhi hubungan antara kedua negara.

Amerika Serikat semakin tidak senang bahwa Jerman telah mengambil pendekatan yang terlalu hati-hati dalam memberikan Ukraina senjata untuk melawan Rusia, surat kabar Jerman melaporkan.

Baru-baru ini, Duta Besar AS untuk Jerman, Amy Gutmann, mengatakan kepada radio ZDF Jerman bahwa dia ingin Berlin "memainkan peran kepemimpinan yang lebih besar".

Amy mengakui dukungan Jerman untuk Ukraina, tetapi berharap sekutu "mendukung lebih kuat".

Berbicara kepada surat kabar Jerman Die Welt pada (5/9), seorang pejabat AS mengatakan.

"Sejauh ini, Jerman memiliki dukungan untuk Ukraina, tetapi kami ingin Berlin bertindak lebih cepat."

Penundaan dan "kegagalan" Jerman membuat AS mempertanyakan apakah sekutu ingin Ukraina "menang" atau sekadar membantu Kiev "tidak kalah".

Surat kabar Jerman Bild juga mengutip sebuah sumber yang mengatakan bahwa AS dikatakan telah mengirim catatan ke Berlin.

Di mana Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan Washington "menyambut" jika Jerman dapat memberikan Ukraina dengan tank tempur utama.

Seorang juru bicara Kedutaan Besar AS di Berlin kemudian membantah informasi yang diterbitkan oleh surat kabar Jerman Bild.

"Kami tidak menekan Jerman untuk menyediakan tank," kata seorang pejabat AS, menambahkan bahwa kami berharap Jerman berbuat lebih banyak untuk membantu Ukraina.