Find Us On Social Media :

Festival Pagoda Phaung Daw Oo, Ritual Tahunan Myanmar, Perarakan Empat Patung Buddha ke Desa-desa Kecil di Sekitar Danau Inle untuk Diberi Penghormatan Masyarakat

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 7 September 2022 | 14:30 WIB

Festival tahunan Pagoda Phaung Daw Oo yang diadakan setiap bulan September atau Oktober di Myanmar.

Intisari-Online.comFestival tahunan Pagoda Phaung Daw Oo atau Pagoda Phaung Daw U, di Danau Inle adalah yang terbesar di Myanmar.

Dirayakan selama hampir tiga minggu setiap bulan Oktober, festival ini dihadiri oleh keragaman suku bukit dari seluruh wilayah.

Dari dataran, pegunungan, dan dari desa-desa kecil terpencil, semua orang di sini mendapatkan jasa dan menikmati perayaan.

Seperti kebanyakan kehidupan di Danau Inle, festival ini adalah festival yang terikat air.

Dari salah satu kuil paling terkenl di Myanmar, Pagoda Paung Daw U di Danau Inle, lima patung Buddha suci kecil yang setahun sekali secara seremonial didayung di sekitar Danau dengan tongkang warna-warni ditemani oleh banyak perahu lain dengan pendayung kaki.

Meskipun ada lima patung Buddha di pagoda, namun hanya empat Patung Buddha yang dibawa dengan kapal tongkang kerajaan dan dibawa ke sekitar 14 desa di Danau ini.

Pernah kejadian, tongkang terbalik dan Buddha kelima hampir hilang dan entah bagaimana, muncul kembali secara misterius di pagoda.

Pemandangan empat patung Buddha suci yang didayung di sekitar danau di atas tongkang emas berkilauan yang ditarik oleh ratusan pendayung kaki denga sampan panjang dengan latar belakang pemandanan Inle yang menakjubkan merupakan hal yang tak terlupakan.

Selama festival, setiap desa menyambut empat Buddha dengan meriah, merayakan setiap momen persinggahan tongkang satu malam.

Tarian Shan dan seni bela diri di setiap perahu menjadi upacara khusus.

Lomba dayung merupakan puncak dari festival ini dengan tim yang mewakili berbagai desa di sekitar danau menggunakan keterampilan dan kekuatan mereka untuk memenangkan perlombaan yang dapat disaksikan dari dekat.

Festival Pagoda Phaung Daw U tahuna dilakukan pada bulan Oktober diadakan dari hari pertama bulan lilin hingga hari ke-3 setelah bulan pertama Thadingyut, bulan ke-7 dalam kaldender tradisinal Myanmar, yang jatuh setiap tahun pada bulan September dan Oktober.