Find Us On Social Media :

Jangan Langsung Buang Cangkang Telur, Gunakan Sebagai Campuran Pupuk Agar Tanaman Lebih Sehat dan Subur, Begini Caranya!

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 3 September 2022 | 11:30 WIB

Cangkang telur untuk tanaman agar sehat dan tumbuh subur.

Intisari-Online.com – Meski harganya kini merangkak naik hingga sekitar tiga puluh ribuan per kilogramnya, tetap saja telur menjadi sumber protein yang selalu disediakan di setiap rumah.

Gampang diolah, mudah dicari, bahkan di warung dekat rumah pun banyak dijual, telur hampir menjadi konsumsi berbagai kalangan, dari bayi hingga orang tua.

Namun, banyak orang yang kerap membuang cangkang telur setelah isinya dikeluarkan untuk diolah menjadi berbagai masakan.

Tahukah Anda bahwa cangkang telur memiliki manfaat yang beragam?

Manfaat cangkang telur salah satunya untuk tanaman.

Coba saja, hanya dengan direbus saja, cangkang telur sudah memberi keuntungan bagi tanaman agar bisa tumbuh lebih sehat dan lebih subur.

Mengutip dari kompas.com, seorang pegiat tanaman hias dan pemilik akun Youtube Kebun Indra Tarigan, Indra Tarigan mengatakan bahwa cangkang telur memiliki kandungan kalsium dan kalium yang dibutuhkan untuk tanaman.

“Terutama bagi tanaman-tanaman berbuah agar buahnya sehat, lebat, dan besar-besar. Mereka membutuhkan kalium dan kalsium,” katanya dalam salah satu video di kanalnya.

Mungkin Anda pernah melihat ketika orang lain menanam tomat, mangga, atau anggur, misalnya, buah yang dihasilkan berubah warna menjadi hitam pada bagian ujungnya.

Nah, menurut Indra, itu menandakan bahwa tanaman tersebut kekurangan kalsium.

Maka untuk menjaga agar tanaman terhindar dari kekurangan kalsium dan kalium, cara yang paling mudah yang bisa dicoba adalah dengan cangkang telur.

Menurut Indra, cangkang telur menjadi sumber kalsium yang dibutuhkan oleh tanaman.