Find Us On Social Media :

Menyesal Baru Tahu? Ternyata yang Selama Ini Ibu-ibu Se-Indonesia Anggap Sampah Jangan Dibuang Begitu Saja, Manfaatnya Segudang Lho!

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 26 Juli 2021 | 11:37 WIB

Ilustrasi sampah dapur

Intisari-Online.com - Sampah dapur Anda seperti kulit pisang, kantong teh, cangkang telur, dll, jangan dibuang begitu saja!

Bahan-bahan ini bisa Anda manfaatkan dan ubah sendiri menjadi kompos dengan mudah.

Beberapa orang mungkin salah mengira bahwa pengomposan itu bau, sulit, padahal bila dilakukan dengan benar, pengomposan itu sederhana dan mudah.

Hasil kompos yang diolah dengan benar juga tidak akan menimbulkan bau aneh.

Pengomposan sendiri adalah cara ramah lingkungan untuk memecah bahan organik sehingga unsur hara dapat dimasukkan ke dalam tanah Anda.

Baca Juga: Semangka Dari Kompos Dapur

Hal ini tidak hanya menguntungkan taman tetapi juga membantu menjaga sampah organik yang berguna keluar dari tempat pembuangan sampah lokal Anda.

Makanan apa yang bisa masuk ke kompos?

Berbagai makanan dapat masuk ke tumpukan kompos Anda, mulai dari sayuran yang membusuk hingga kulit telur dan bubuk kopi.

Untuk membuat tumpukan kompos yang sukses, Anda perlu mencampurkan dengan bahan yang mengandung karbon, nitrogen, air, dan udara, untuk membantu penguraiannya.

Kompos hijau dianggap sebagai sumber nitrogen, seperti potongan rumput dan sisa dapur segar (kulit pisang dan kentang, kulit bawang, ampas kopi, kulit telur, dan kantong teh).

Baca Juga: Ayo, Buat Kompos Sendiri