Find Us On Social Media :

Resmi Dipecat Setelah Sidang Kode Etik, Ferdy Sambo dengan Bungkam Dikawal Personel Propam, Akan Ajukan Banding, Bagaimana Tanggapan Polri?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 26 Agustus 2022 | 14:40 WIB

Ferdy Sambo saat akan menjalani sidang kode etik di gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (25/8/2022) pagi.

Intisari-Online.com – Hasil sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) yang digelar sejak Kamis pagi hingga Jumat (26/8/2022) dini hari, memutuskan pemecatan atau pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) terhadap Ferdy Sambo.

Itu berarti  Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) secara resmi memecat Irjen Ferdy Sambo dari Institusi Polri pada Kamis (25/8/2022).

Tidak hanya sanksi pemecatan, Sambo juga dijatuhkan sanksi etik yaitu dinyatakan sebagai perbuatan tercela dan sanksi administratif berupa penempatan khusus selama 40 hari.

Namun, atas keputusan majelis sidan tersebut, Sambo langsung mengajukan banding.

“Mohon izin, sesuai dengan Pasal 29 PP 7 Tahun 2022, izinkan kami mengajukan banding, apa pun kepusan banding kami siap untuk laksanakan,” kata Sambo, mengutip dari Kompas.com (26/8/2022).

Sidang kode etik yang dilakuan terhadap Ferdy Sambo itu setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana terhadap ajudannya, Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Dalam sidang kode etik itu dihadirkan sejumlah saksi terkait kasus pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J.

Termasuk saksi yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, yaitu Bharada E atau Richard Eliezer, Bripka RR atau  Ricky Rizal, dan asisten rumah tangga Sambo bernama Kuat Ma’ruf.

Sidang kode etik yang dipimpin oleh Kabaintelkam Polri Komjen Ahmad Dofiri itu dilakukan di Gedung TNCC, Mabes Polri, Jakarta.

Setelah dipecat, Sambo keluar masih tampak menggunakan seragam dan topi dinasnya, juga terlihat memegang map berwarna hijau dan buku berwarna hitam.

Tidak hanya itu, dia berjalan keluar diikuti oleh sejumlah personel Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri.

Namun, dia bungkam saja saat ditanya awak media, dan terus berjalan tanpa menengok sedikit pun.