Find Us On Social Media :

Bak Sengaja Bikin China Makin Meradang, Kini Giliran Pejabat AS Ini yang Kunjungi Taiwan Usai Nancy Pelosi, 'Taiwan adalah Mitra Terkuat Kami'

By Tatik Ariyani, Jumat, 26 Agustus 2022 | 08:56 WIB

Latihan Militer China

Intisari-Online.comChina mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya sendiri.

Sehingga, pihak manapun yang mengganggu urusan China di Taiwan akan dianggap sebagai musuh China.

Tak terkecuali seperti yang dilakukan oleh para pejabat AS yang mengunjungi Taiwan, yang kemudian oleh China dianggap sebagai tindakan provokasi.

Melansir Reuters, Jumat (26/8/2022), seorang anggota parlemen AS di komite Perdagangan dan Angkatan Bersenjata Senat tiba di Taiwan pada Kamis.

Itu merupakan kunjungan ketiga pejabat AS bulan ini di Taiwan, menentang tekanan dari China untuk menghentikan perjalanan.

Senator Marsha Blackburn tiba di ibu kota Taiwan, Taipei, dengan menggunakan pesawat militer AS, menurut tayangan televisi langsung dari Bandara Songshan di pusat kota.

Dia disambut di landasan bandara oleh Douglas Hsu, direktur jenderal kementerian luar negeri Taiwan, kata kantor Blackburn.

"Taiwan adalah mitra terkuat kami di Kawasan Indo-Pasifik. Kunjungan rutin tingkat tinggi ke Taipei adalah kebijakan lama AS," kata Blackburn dalam sebuah pernyataan. "Saya tidak akan diganggu oleh Komunis China untuk meninggalkan pulau saya."

Sebelumnya, China meluncurkan latihan militer di dekat pulau itu setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi berkunjung pada awal Agustus.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan Blackburn akan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen selama perjalanannya, yang berakhir pada Sabtu, serta pejabat tinggi keamanan Wellington Koo dan Menteri Luar Negeri Joseph Wu.

"Kedua belah pihak akan bertukar pandangan secara luas tentang isu-isu seperti keamanan Taiwan-AS dan hubungan ekonomi dan perdagangan," tambah kementerian itu dalam sebuah pernyataan singkat.

Kantor kepresidenan Taiwan mengatakan Tsai akan bertemu Blackburn pada Jumat pagi.