Find Us On Social Media :

Sampai Disentil Sendiri Oleh Ukraina Terungkap Ada 2 Negara yang Diam-Diam Ogah Pasok Senjata ke Ukraina Karena Alasan Ini, Tapi Justru Hal Ini yang Bikin Ukraina Makin Kesal

By Afif Khoirul M, Kamis, 25 Agustus 2022 | 10:40 WIB

Rudal Ukraina dalam sebuah parade

Intisari-online.com - Sejauh ini Ukraina bisa bertahan dari gempuran Rusia setelah diberi pasokan senjata oleh beberapa negara Barat.

Namun, ada beberapa negara yang menolak memasok senjata ke Ukraina.

Dari 27 negara anggota UE, hanya Hongaria dan Austria yang menolak memasok senjata ke Ukraina dalam konfliknya dengan Rusia, kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba.

Berbicara di televisi pada 22 Agustus, Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan bahwa Hongaria dan Austria menjaga posisi netral dalam konfrontasi antara Kiev dan Moskow.

"Kecuali Hungaria dan Austria, pasokan senjata ke Ukraina bukanlah hal yang tabu bagi negara Eropa mana pun, meskipun telah terjadi di masa lalu," kata Kuleba.

Menteri luar negeri Ukraina mengatakan bahwa negara itu menerima senjata dari banyak negara Barat.

Tetapi ini tidak berarti bahwa militer Ukraina memiliki senjata yang diperlukan untuk menghadapi Rusia.

"Yang mengkhawatirkan bukanlah fakta bahwa beberapa negara menentang pemberian senjata kepada kami, tetapi kelambatannya," kata Kuleba.

Menurut Kuleba, perdebatan dan diskusi dari Barat tentang jenis senjata apa yang harus dikirim ke Ukraina, pada waktu yang tepat, menyebabkan pasukan Kiev menderita lebih banyak kerugian setiap hari.

Pada hari yang sama, 22 Agustus, berbicara di sebuah forum di Spanyol, Josep Borrell, komisaris tinggi Uni Eropa yang bertanggung jawab atas kebijakan luar negeri dan keamanan mengatakan.

Bahwa anggota blok sedang membahas pembentukan program Uni Eropa, program pelatihan militer untuk Ukraina.

Pertemuan tentang masalah ini akan berlangsung di Praha (Ceko) pada 29 Agustus.