Find Us On Social Media :

Tak Ingat Rudalnya Pernah 'Sambar' Pesawat Israel Sampai Bikin Ketar-Ketir, Rusia Mendadak Sentil Negara Yahudi Tersebut Karena Juga Lakukan Serangan Brutal di Negara Tetangga Palestina Ini

By Afif Khoirul M, Kamis, 25 Agustus 2022 | 10:05 WIB

F-35 Israel vs S-300 Rusia

Intisari-online.com - Rusia meminta Israel untuk menghormati kedaulatan dan integritas wilayah negara Arab di Timur Tengah.

Moskow menuntut agar pemerintah Israel segera menghentikan serangan di wilayah Republik Arab Suriah, dengan menghormati kedaulatan dan integritas teritorialnya, kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada (23/8).

Berbicara pada konferensi pers dengan timpalannya dari Suriah, Lavrov mengatakan Mocsow "sangat mengutuk" "tindakan berbahaya Israel dalam melakukan serangan di wilayah Suriah".

Diplomat Rusia itu mengutip serangan Israel di Suriah, seperti serangan Juni di Bandara Internasional Damaskus, dua serangan baru-baru ini di ibu kota Damaskus dan wilayah Tartus.

"Kami meminta Israel untuk menghormati resolusi Dewan Keamanan PBB dan, di atas segalanya, menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Republik Arab Suriah," kata Lavrov setelah pembicaraan dengan menteri luar negeri Suriah Faisal Mekdad di Moskow.

Seorang jenderal senior Israel pekan lalu juga mengumumkan serangan "di negara ketiga" selama operasi militer tentara terhadap gerilyawan Palestina.

Jenderal berpangkat tinggi Israel membuat pernyataan setelah Israel melancarkan serangan udara di ibukota Suriah Damaskus, menewaskan tiga tentara Suriah.

Pada (15/8), pesawat tempur Israel juga menembakkan rudal ke sasaran di provinsi Tartus, rumah bagi pangkalan militer pasukan Suriah dan milisi Iran.

Serangan itu menewaskan tiga orang dan melukai tiga orang, kata tentara Suriah.

Menurut RT, Israel biasanya tidak mempublikasikan serangan di wilayah Suriah.

Jika dipaksa untuk mengungkapkan, pejabat Israel sering menafsirkannya sebagai tindakan defensif terhadap kelompok milisi Iran.

Hubungan Rusia-Israel memburuk bulan lalu, ketika Rusia memperingatkan akan menutup cabang Israel dari Badan Yahudi di Moskow.