Find Us On Social Media :

Kisah Tragis Victoria Ka’iulani, Putri Mahkota Terakhir Hawaii, ‘Kutukan’ yang Diucapkan Ibunya Sebelum Meninggal Terjadi pada Dirinya

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 20 Agustus 2022 | 13:45 WIB

Kisah Tragis Victoria Ka’iulani, Putri Mahkota Terakhir Hawaii.

Intisari-Online.com – Hawaii dengan pantainya yang indah juga memiliki kisah masa lalu yang patut dibaca sebagai bagian dari sejarah.

Victoria Ka’iulani lahir pada 16 Oktober 1875 sebagai putri Archibald Scott Cleghorn dan Putri Miriam Likelike.

Ibunya merupakan saudara perempuan Raja Kalakaua dan Ratu Lili’uokalani, Ratu Hawaii terakhir.

Dia dibaptis pada hari Natal di Gereja Episkopal St. Andrew, lalu melewati tahun-tahun pertama kehidupannya dengan perawatnya May Leleo dan kemudian pengasuhnya Miss Barnes.

Dia suka menunggangi kuda poni putihnya bernama Fairy, hadiah dari ayahnya.

Dia bahkan menulis kepada pengasuh barunya, Miss Gardinier, “Saya punya kuda poni kecil yang cantik, dan saya tidak takut untuk mengendarainya. Kuda poni saya baru berusia empat tahun, dan saya berusia sembilan tahun.”

Dia hadir untuk penobatan pamannya pada tahun 1883.

Pada musim semi, keluarga itu melakukan perjalanan dari Waikiki ke pulau besar tempat mereka melewatkan kematian Putri Ruth, dan pada tahun 1885 Ratu Emma ‘tua’ meninggal.

Ka’iulani kemudian menulis pada bibinya, “Saya tidak suka pemakaman mereka sedih, dan semua suara yang dibuat kanaker membuat saya takut akan sesuatu yang buruk.”

Tragedi terjadi lagi ketika ibunya meninggal pada tanggal 2 Februari 1887.

Dokter tidak menemukan apa pun yang salah dengan fisik ibunya kecuali dia menolak untuk makan.

Ka’iulani yang menangis berseru kepada pengasuhnya bahwa ibunya telah meramalkanmasa depannya dan bahwa dia tidak akan pernah menikah atau menjadi Ratu.