Find Us On Social Media :

Terinspirasi Pelukan Perpisahan Sepasang Kekasih, Ratu Kerajaan Hawaii Liliuokalani Ini Ciptakan Lagu yang Sekarang Jadi Lagu Kebangsaan Hawaii

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 19 Februari 2022 | 17:45 WIB

Ratu Liliuokalani, Ratu Kerajaan Hawaii dari dinasti terakhir Kalakaua.

Intisari-Online.comRatu Liliuokalani (1838-1917) adalah penguasa terakhir dari dinasti Kalakaua yang memerintah kerajaan Hawaii yang bersatu sejak tahun 1810.

Lahir sebagai Lydia Kamakaeha, menjadi putri mahkota tahun 1877, setelah kematian adik laki-lakinya yang bungsu, yang menjadikannya pewaris kakak laki-lakinya, Raja Kalakaua.

Ketika dia naik takhta pada tahun 1891, sebuah konstitusi Hawaii itelah mengapus banyak kekuasaan monarki demi kelas elit pengusaha dan pemilik tanah kaya.

Ketika Liliuokalani bertindak untuk memulihkan kekuatan ini, kudeta yang didukung militer AS menggulingkannya pada tahun 1893 dan membentuk pemerintahan sementara, yang kemudian  Hawaii dinyatakan sebagai republik pada tahun 1894.

Liliuokalani menandatangani pengunduran diri resmi pada tahun 1895 tetapi terus mengajukan banding ke Presiden AS Grover Cleveland untuk pemulihan, namun tanpa hasil.

Amerika Serikat mencaplok Hawaii pada tahun 1898.

Lahir pada tahun 1838 di Honolulu, Lydia Kamakaeha adalah anggota keluarga Hawaii berpangkat tinggi; ibunya, Keohokalole, menjabat sebagai penasihat Raja Kamehameha III.

Lydia muda dididik oleh misionaris dan berkeliling dunia Barat, seperti kebiasaan bagi anggota muda bangsawan Hawaii.

Baca Juga: Pantas Saja Penuh Misteri dan Dikeramatkan, Inilah Kukaniloko, Tempat Melahirkan bagi Wanita dari Garis Keturunan Keluarga Kerajaan Hawaii yang Disaksikan oleh Banyak Kepala Suku

 Baca Juga: Kisah Tragis Putri Ka'iulani Memperjuangkan Kerajaan Terakhir Hawaii, Kematiannya di Usia 23 Tahun Terasa Seperti Pukulan Palu Godam Bagi Semua Orang

Dia menghabiskan waktu di istana Kamahameha IV dan pada tahun 1862 menikah dengan John Owen Dominus, putra seorang kapten kapal kelahiran Amerika, yang menjadi pejabat di pemerintahan Hawaii.

Dominus kemudian menjabat sebagai gubernur Oahu dan Maui, namun pasangan itu tidak akan memiliki anak.