Find Us On Social Media :

Bangkai Kapal Tanker Sisa Perang Dunia II Ini Ditemukan di Lepas Pantai Hawaii Jadi Rumah Bagi Banyak Spesies Tumbuhan dan Hewan

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 2 April 2021 | 09:20 WIB

Bangkai kapal The USNS Mission San Miguel yang jadi rumah bagi banyak spesies hewan dan tumbuhan.

Intisari-Online.com – Bangkai kapal sisa-sisa peninggalan Perang Dunia II hingga saat ini masih banyak dicari oleh para sejarawan  sebagai bahan penelitian dan pembelajaran.

Misi USNS San Miguel adalah kapal tanker bahan bakar besar yang mengangkut bahan bakar ke seluruh dunia untuk pasukan Sekutu selama Perang Dunia Kedua dan Perang Korea.

Pada akhir 1957, kapal tanker itu secara tidak sengaja menabrak buluh di lepas pantai Hawaii saat sedang melaju dengan kecepatan penuh.

Lambung kapal rusak parah dan tidak dapat diperbaiki.

Baca Juga: Jadi Tantangan Tersendiri, Menyelam Saksikan Kuburan Pesawat Pembom Perang Dunia II yang Ditemukan Setelah 76 Tahun di Truk Lagoon dengan Bom dan Ranjau yang Masih Aktif

Akhirnya Angkatan Laut AS dikirim untuk menjemput 42 awaknya sebelum kapal tenggelam di bawah Samudra Pasifik.

Namun, lokasi pasti kapal saat tenggelam tidak pernah tercatat dan hingga saat ini belum ada yang menemukannya, hingga awal Agustus 2015.

Bangkai kapal itu ditemukan ketika para peneliti dari National Oceanic and Atmospheric Administration sedang meneliti di daerah tersebut.

Ketua tim mengatakan bahwa itu semua karena jarak pandang yang sangat baik di bawah air dan kurangnya angin yang memastikan mereka menemukan reruntuhan.

Baca Juga: Bangkai Kapal dan Kapal Selam Perang Dunia II Ini Diawetkan di Pantai North Carolina Setelah Berperang di Medan Perang Terbesar dalam Sejarah