Find Us On Social Media :

Jadi Tantangan Tersendiri, Menyelam Saksikan Kuburan Pesawat Pembom Perang Dunia II yang Ditemukan Setelah 76 Tahun di Truk Lagoon dengan Bom dan Ranjau yang Masih Aktif

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 23 Maret 2021 | 12:30 WIB

Bangkai kapal dan tengkorak ribuan prajurit yang ditemukan di Truk Lagoon.

Intisari-Online.com – Puing-puing beberapa pesawat yang hilang selama Perang Dunia II ditemukan di Truk Lagoon oleh Project Recover.

Penemuan ini memberikan harapan bagi keluarga tujuh penerbang yang hilang, mungkin saja orang yang mereka cintai dapat ditemukan.

Project Recover, menggunakan teknologi terbaru untuk mencoba dan menemukan prajurit Amerika yang terdaftar sebagai orang hilang dalam aksi Perang Dunia II, juga bertanggung jawab untuk menemukan beberapa pesawat dan kapal angkatan laut.

Pada proyek kali ini, mereka menemukan tiga pesawat jatuh di Truk Lagoon.

Baca Juga: Bangkai Kapal dan Kapal Selam Perang Dunia II Ini Diawetkan di Pantai North Carolina Setelah Berperang di Medan Perang Terbesar dalam Sejarah

Laguna ini kemudian berganti nama menjadi Chuuk Laguna pada tahun 1990 dan merupakan bagian dari Negara Federasi Mikronesia.

Tiga pesawat, pembom torpedo TBM / F-1 Avenger dan dua pembom tukik SBD-5 Dauntless hilang antara tanggal 17 dan 18 Februari 1944 selama Operasi Hailstone; berperang melawan Jepang.

Operasi Hailstone, juga dikenal sebagai serangan udara di Pulau Truk, adalah serangan laut dan udara besar-besaran Angkatan Laut AS terhadap Truk Lagoon.

Sebelum pertempuran tersebut, laguna ini digunakan sebagai pelabuhan yang aman untuk armada gabungan Angkatan Laut Kekaisaran Jepang.

Baca Juga: Ditemukan Kuburan Armada dari 40 Kapal Purba di ‘Zona Mati’ Laut Hitam yang Misterius, Kayu yang Digunakan untuk Membangun Kapal Bahkan Ukiran Halusnya Tidak Rusak