Find Us On Social Media :

Ditemukan Kuburan Armada dari 40 Kapal Purba di ‘Zona Mati’ Laut Hitam yang Misterius, Kayu yang Digunakan untuk Membangun Kapal Bahkan Ukiran Halusnya Tidak Rusak

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 17 Maret 2021 | 13:00 WIB

Kuburan kapal karam di Laut Hitam, ditemukan 40 kapal purba.

Intisari-Online.com – Para ilmuwan peneliti menemukan lebih dari 40 kapal di dasar Laut Hitam.

Kapal tersebut telah berada di sana selama berabad-abad dan terawetkan dengan sempurna, secara harfiah merupakan kuburan kapal karam.

Para peneliti menemukan bangkai kapal hantu hanya dengan keberuntungan saat memindai lanskap dasar laut di kedalaman dari 1.000 kaki hingga hampir 6.000 kaki (305 – 1.828 meter).

Ada sangat sedikit oksigen di kedalaman ini sehingga kayu dalam konstruksi bejana hampir tidak membusuk.

Baca Juga: Bangkai Kapal Inggris yang Ditorpedo dan Ditenggelamkan oleh Kapal Selam Jerman dalam Perang Dunia II, Ditemukan dalam Kondisi Baik

Ini berarti kayu yang berumur beberapa ratus tahun, yang digunakan untuk membangun kapal dan bahkan ukiran halus tetap tidak rusak.

Teknologi pencitraan 3D saat ini telah menghidupkan kembali bangkai kapal dari kedalaman yang keruh dengan foto-foto rumit dari 40 bangkai kapal tanpa mengganggu dasar laut.

Untuk waktu yang sangat lama, para arkeolog mengira ada "zona mati" di bawah permukaan Laut Hitam, tetapi tidak ada bukti fisik bahwa itu ada.

Sekarang para peneliti dari Proyek Arkeologi Maritim Laut Hitam telah membuat penemuan yang menakjubkan di lepas pantai Bulgaria.

Baca Juga: Bangkai Kapal SS Thistlegorm Ini Bawa Dua Lokomotif Uap, Kendaraan Lapis Baja, juga Sepeda Motor Sebelum Ditenggelamkan, Jadi Situs Paling Terkenal Karena Kargonya