Find Us On Social Media :

Ritual Pemakaman Jazz di New Orleans, Prosesi Pemakaman dengan Penuh Sukacita Diiringi Marching Band, Pengaruh Budaya Eropa dan Afrika yang Sudah Dilakukan Ratusan Tahun

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 19 Agustus 2022 | 16:20 WIB

Ritual Pemakaman Jazz New Orleans.

Intisari-Online.com – Pada setiap budaya memiliki ritual pemakaman atau upacara pemakamannya masing-masing yang bisa berbeda di setiap daerah.

Prosesi pemakaman di New Orleans dalam bahasa sehari-hari disebut Pemakaman Jazz, tetapi istilah ini sering diremehkan oleh penduduk asli New Orleans hingga abad ke-20.

Mereka lebih suka istilah  ‘pemakaman dengan musik’.

Penghinaan ini pun memudar selama 100 tahun terakhir, dan kini istilah ‘Pemakaman Jazz’ pun bisa diterima.

Bila pada umumnya prosesi pemakaman dibalut dengan dominasi warna hitam, di situlah kesamaan antara prosesi pemakaman New Orleans dengan pemakaman tradisional barat.

Sebagian besar pemakaman di barat terlihat muram, dengan bagian yang paling mencolok adalah lampu berkedip dari pengawalan polisi, apalagi jika almarhum adalah seorang petugas hukum.

Selain mawar yang dilemparkan ke peti mati, atau guci pemakaman yang elegan, dan mungkin membawakan lagu ‘Ave Maria’ yang menghantui, pemakaman khas barat adalah acara yang khusyuk dan murah.

Anda bisa melihat hal seperti itu dalam film-film barat ketika ada prosesi pemakaman.

Tetapi ini tidak terjadi di New Orleans, yang merupakan kota terbesar di negara bagian Louisiana Amerika Serikat.

Seluruh jalan ditutup, nyanyian muram yang dimainkan dalam perjalanan ke gereja penuh dengan kehidupan dan  energi dari seluruh marching band.

Sinar matahari menyinari trombon yang meraung-raung, saat para musisi berjas hitam dan kemeja putih bermain di jalan.

Lonceng tuba dihiasi dengan huruf hitam putih yang menamai almarhum.